::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

STISNU Aceh Lakukan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru

Senin, 06 Agustus 2018 15:00 Daerah

Bagikan

STISNU Aceh Lakukan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru
Suasana tes di kampus STISNU Aceh.
Aceh Besar, NU Online
Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Nahdlatul Ulama (STISNU) Aceh di bawah Yayasan Lembaga Pendidikan Islam Mahyal Ulum Al-Azizyah Sibreh Aceh Besar menggelar seleksi tes tulis penerimaan calon mahasiswa baru. Kegiatan berlangsung di gedung utama STISNU Aceh, Sibreh Aceh Besar, Senin (6/8).

Sebanyak 87 calon mahasiswa baru mengikuti tes tulis yang terdiri dari 100 soal. Terdiri dari 50 soal esai dan 50 soal pilihan ganda dari dua program studi yaitu program studi hukum keluarga dan hukum ekonomi syariah.

Tgk Muslem Hamdani selaku Kepala Bagian Umum STISNU Aceh didampingi Sekretaris Panitia Tgk Syibran Malasyi kepada media mengatakan, tes mahasiswa kali ini diikuti calon mahasiswa baru. “Mereka terdiri dari 50 orang mahasiswa dari program studi hukum ekonomi syariah, dan 37 orang mahasiswa dari program studi hukum keluarga,” katanya.

Tes tulis merupakan salah satu syarat akademik untuk mencari mahasiswa yang memiliki kompetensi. “Juga untuk menentukan batas standar minimal yang harus diperoleh setiap calon mahasiswa untuk diterima,” ungkapnya.

Adapun soal materi tes dibagi dalam dua katagori, esai dan pilihan ganda. "Soal-soal tersebut harus dikerjakan oleh calon mahasiswa baru dalam waktu 90 Menit," ujar Muslem.

Dan selain tes tulis, tahun ini STISNU juga mendakan tes wawancara langsung tentang integritas, "Dalam tes wawancara mereka diarahkan bagaimana memaparkan pendapat, semisal alasan kenapa memilih kuliah di Yayasan Lembaga Pendidikan Islam Mahyal Ulum Al-Aziziyah dan memilih jurusan atau program studi," jelasnya.

"Tes tulis ini menjadi acuan dalam penetapan calon mahasiswa yang akan diterima untuk tahun ajaran ini,” ungkap wakil direktur IV di Yayasan Lembaga Pendidikan Islam Mahyal Ulum Al-Aziziyah tersebut. 

Pada tahun ini STISNU Aceh hanya membuka formasi untuk 70 orang mahasiswa baru, terdiri dari dua unit. “Hal ini kita lakukan mengingat keterbatasan tempat, sarana dan prasarana yang kami miliki,” tandas Muslem. (Indra Kariadi/Ibnu Nawawi)