::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::  Kuliah Plus Ngaji? Ke UNSIQ Wonosobo aja, -Memadukan mutiara luhur tradisi pesantren dan keunggulan Universitas Modern- Kunjungi http//:pmb.unsiq.ac.id. 081391983830 (Latu Menur Cahyadi)::: 

Menteri Agama Luncurkan Rangkaian Hari Santri 2018

Jumat, 10 Agustus 2018 16:30 Nasional

Bagikan

Menteri Agama Luncurkan Rangkaian Hari Santri 2018
Jakarta, NU Online
Menteri Agama H Lukman Hakim Saifuddin, Jumat (10/8) siang, meluncurkan rangkaian kegiatan peringatan Hari Santri 2018 di ruang lobi Kementerian Agama, Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Pada kesempatan itu Lukman menyampaikan sejumlah kegiatan yang akan digelar hingga hari puncak 22 Oktober mendatang.

“Karena itu, kami Kemenag setiap tahun memperingati Hari Santri yang jatuh pada 22 Oktober. Mulai hari ini kita melaunching sejumlah program itu memperingati hari itu. Insyaallah puncak malam Hari Santri diadakan di Bandung,” papar Lukman yang didampingi Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin dan Direktur PD Pontren Ahmad Zayadi.

Menag mengingatkan bahwa Hari Santri merupakan bentuk regognisi atau pengakuan pemerintah atas kontribusi santri yang sangat besar dalam menjaga kedaulatan sebagai bangsa yang merdeka. Resolusi Jihad 1945 menunjukkan bukti atas peran kalangan pesantren.

“Dengan penetapan hari santri itu, kaum santri memikul tanggungajwab yang lebih besar dalam menjaga, memilihara merawat kemerdekaan Indonesia,” tegas Lukman di hadapan seratusan santri dan awak media yang hadir pada launching itu.

Pada kesempatan itu, beberapa santri yang hadir dari berbagai daerah memberikan pertanyaan kepada Menteri Agama perihal pemberdayaan untuk kalangan santri dan pesantren. Dan Lukman secara terbuka menanggapi pertanyaan dari para santri dan awak media.

Pada peringatan Hari Santri 2018, Kemenag akan menggelar berbagai kegiatan, seperti santri millennial competitions (desain meme, lomba video iklan masyarakat tentang moderasi Islam, dan lomba video lalaran nadham alfiyyah), Kopdar akbar santrinet Nusantara, car free day bershalawat bersama Nissa Sabyan.

Selain itu, ada juga kegiatan pesan trend (Ngaji Ihya’ bersama Ulil Abshar Abdalla), pesantren business challenge (ajang pengembangan ekonomi dan bisnis di lingkungan pesantren), muktamar pemikiran santri Nusantara, perkemahan pramuka santri nusantara (PPSN), hingga santriversary atau malam puncak Hari Santri 2018. (M Zidni Nafi’/Ibnu Nawawi)