::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Rukyat Hilal Awal Dzulhijjah, LFNU Jombang Libatkan Siswa

Senin, 13 Agustus 2018 07:00 Daerah

Bagikan

Rukyat Hilal Awal Dzulhijjah, LFNU Jombang Libatkan Siswa
Kegiatan Rukyatul Hilal LFNU Jombang
Jombang, NU Online
Pengurus Cabang (PC) Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Jombang, Jawa Timur menggelar rukyatul hilal menentukan 1 Dzulhijjah 1439, Ahad (12/8). 

Kegiatan LFNU Jombang melibatkan sejumlah siswa, di antaranya perwakilan dari MA Mambaul Maarif Denanyar, MAN 1 Jombang juga beberapa siswa MA Bani Fatah Tambakberas.

Ketua PC LFNU Jombang Moh Mujazun mengungkapkan, mayoritas dari semua siswa yang turut menyaksikan proses rukyatul hilal adalah kader Hisab Rukyah yang sudah dilatih sebelumnya.

"Hilal menjelang tanggal 1 Dzulhijjah tahun ini sangat bagus untuk mempraktikkan hasil perhitungan karena ketinggian hilal yang mencapai 12° lebih," ujarnya.

Rukyatul hilal yang dilakukan di Lantai 3 Masjid Jami' Denanyar Jombang ini merupakan imbauan dari Pengurus LF PBNU kepada segenap Pengurus LFNU se Indonesia. "Dan Alhamdulillah, kita berhasil melihat hilal pada ketinggian hilal mulai dri 9° sampai dengan 4° oleh segenap peserta rukyat," tuturnya.

Dikatakan Mujazun, pertama hilal terlihat dengan mata telanjang oleh siswa Madrasah Aliyah (MA) Mambaul Maarif bernama Fathhurrohman, lalu disusul dengan teramąti dengan telescop.

"Untuk itu, berdasarkan hasil rukyah tersebut, maka 1 Dzulhijjah 1439 jatuh pada hari Senin 13 Agustus 2018. Dan tanggal 10 Dzulhijjah 1439 jatuh pada hari Rabu 22 Agustus 2018," jelasnya. (Syamsul Arifin/Muiz)