::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Gus Dur dan Umbul-umbul di Papua

Jumat, 17 Agustus 2018 06:30 Humor

Bagikan

Gus Dur dan Umbul-umbul di Papua
Momen Hari Kemerdekaan 17 Agustus saat yang tepat bagi bangsa Indonesia untuk mengenang perjuangan para pahlawan. Mereka bertaruh nyawa saat berupaya mengibarkan bendera merah putih ke pucuk tiang tertinggi.

Namun, di saat rakyat Indonesia memeriahkan hari kemerdekaan dengan ramai-ramai mengibarkan bendera merah putih, kelompok Organisasi Papua Merdeka (OPM) justru mengibarkan bendera bintang kejora.

Hal itu tak luput dari pandangan Gus Dur ketika berkunjung ke Papua. Pemandangan tersebut membuat ajudan dan orang-orang di sekitar Gus Dur tak bisa menyembunyikan kegeramannya.

“Gus, bagaimana ini? Mereka tidak mengibarkan bendera merah putih, ini pemberontakan,” kata salah seorang di sekitar Gus Dur.

Gus Dur menjawab enteng, “Ah, kata siapa itu bendera, anggap saja umbul-umbul.” (Ahmad)