::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Sakoma Jombang Cabang Sakoma Pertama di Indonesia

Senin, 03 September 2018 10:00 Daerah

Bagikan

Sakoma Jombang Cabang Sakoma Pertama di Indonesia
Ketua PC LP Ma'arif NU Jombang, Nur Khozin
Jombang, NU Online
Satuan Komunitas Pramuka Ma'arif (Sakoma) Nahdlatul Ulama (NU) Jombang, Jawa Timur merupakan Sakoma pertama sebelum keberadaan Sakoma menjamur di Indonesia seperti saat ini.

Sejarah terkuak menyusul pernyataan Ketua Pengurus Cabang (PC) Ma'arif NU Jombang baru-baru ini setelah menelusuri keberadaan Sakoma.

"Tentang sejarah Sakoma di Jombang ini merupakan Sakoma pertama yang ada di Indonesia. Ini istimewanya Sakoma di Jombang," kata Nur Khozin kepada NU Online, Ahad (2/9).

Dapat dikatakan menurutnya, Sakoma NU yang saat ini sudah berkembang di sejumlah daerah terinspirasi dari pendirian Sakoma di Jombang. "Jadi Jombang menjadi miqot dari beberapa organ dakwah NU ini," ujar dia.

Hal ini juga menurut dia, dikuatkan oleh pernyataan Ketua PCNU Jombang KH Salmanudin Yazid yang sebelumnya pernah menjadi Ketua PC Ma'arif NU Jombang. Kala itu ia menjadi bagian penting untuk memobilisasi pembentukan-pembentukan Sakoma.

"Gus Salman (panggilan akrab KH Salmanudin Yazid) berulang kali menyampaikan di Kwarnas dalam rangka pengajuan pemberkasan bagaimana Sakoma di Indonesia," ucapnya. (Syamsul Arifin/Muiz)