::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

HPN Jawa Barat Soroti Kesenjangan Ekonomi Umat

Selasa, 04 September 2018 05:53 Daerah

Bagikan

HPN Jawa Barat Soroti Kesenjangan Ekonomi Umat
Karawang, NU Online
Ketua PW Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) Jawa Barat Asep Syaripudin menyoroti kesenjangan ekonomi yang saat ini masih terjadi. Apalagi jika melihat di Indonesia ada kekayaan 1 orang setara dengan 100 juta orang.

“Problem penting yang paling mendasar saat ini ialah kesenjangan ekonomi yang semakin menganga. Bayangkan ada fenomena kekayaan 1 orang setara dengan 100 juta orang. Artinya kalau satu orang lari dari Indonesia, 100 juta akan kolaps,” ujar Asep saat memberikan sambutan pada Konfercab I HPN Kabupaten Karawang akhir pekan lalu.

Dalam hal ini menurutnya, tugas HPN mengurangi kesenjangan yang teramat besar tersebut dengan cara pemberdayaan ekonomi, advokasi, pelatihan, dan lain-lain.

Kali ini, lanjut Asep, HPN akan memilih kepengurusan baru, tugas yang dimiliki hanya dua, pertama membina anggota, kedua menyejahterakan anggota untuk kepentingan umat yang lebih luas.

HPN Jawa Barat, terangnya, sudah berhasil mengoordinir setidaknya saat ini ada 600 pengusaha NU di Sukabumi. Langkah tersebut akan terus berlanjut untuk menyukseskan program Direktori Usaha Nusantara (DUN).

“HPN Jabar telah mengadakan dua agenda besar yaitu pelatihan dua hari dua malam kita menggandeng pabrik pelumas Petro Asia kita sudah berkunjung ke sana, alhamdulillah,” ucapnya.

Kedua, pengembangan pupuk usaha tani bekerja sama dengan usaha pupuk nasional untuk mengembangkan pertanian di Jawa Barat. Ketiga terkait dengan travel, ini terkait dengan travel umroh dan wisata.

“Yang ketiga adalah apa yang dilakukan oleh teman-teman ada e-warung, nusamart, numart, terus ada warung desa ini ada deklarasi juga,” jelas Asep.

Dia mengutarakan, satu kabupaten mengirmikan 5 bus dalam rangka deklarasi tersebut. Deklarasi akan dilakukan di Senayan Jakarta bersama Presiden dan pihak-pihak terkait dalam waktu dekat.

Dalam kegiatan Konfercab I tersebut hadir Ketua Umum PP HPN Abdul Kholik, Ketua PC HPN Karawang Muhammad Hasyim dan para pengusaha Nahdliyin setempat. (Fathoni)