::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

HPN Punya Tugas Penting untuk Perkuat Pemberdayaan Ekonomi

Selasa, 04 September 2018 13:30 Daerah

Bagikan

HPN Punya Tugas Penting untuk Perkuat Pemberdayaan Ekonomi
Karawang, NU Online
Jumlah warga NU yang besar merupakan potensi pasar menggiurkan bagi pengusaha mana pun. Kondisi tersebut harus dikonsolidasikan oleh para pengusaha NU yang ada di Himpunan Pengusaha Nahdliyin untuk memperkuat ekonomi umat dan sekaligus kemandirian usaha.

“HPN mempunyai tugas yang sangat penting yaitu bagaimana mampu memperkuat pemberdayaan ekonomi umat. Insyaallah HPN akan terus dikenal di pintu rumah-rumah orang NU. Konfercab ini menjadi tonggak perkembangan HPN Karawang ke depan,” ujar Ketua PC HPN Kabupaten Karawang Muhammad Hasyim saat memberikan sambutan dalam kegiatan Konfercab I HPN Karawang akhir pekan lalu di Akhsaya Hotel Karawang.

Setelah melalui dua tahun masa khidmat pertama, sambung Hasyim, HPN Karawang telah melakukan khidmah. Di dalam HPN sudah banyak aktivitas yang digunakan untuk mengidentifikasi, mengintegrasi, dan mengonsolidasi potensi barang dan jasa untuk memakmurkan dan menyejahterakan jamaah dan jam’iyah NU.

Hasyim memahami betul bahwa tantangan dan potensi yang besar memerlukan energi dan tata kelola yang baik sehingga pengurus yang baru bisa menangkap peluang ekonomi dan bisnis agar bisa mewujudkan kemakmuran bersama.

“Dalam konferensi ini, kita memang dituntut bisa mengembangkan potensi ekonomi dan bisnis yang lebih baik untuk lima tahunan ke depan,” tegasnya.

Ada beberapa program kerja yang kita dorong sesuai dengan kultur dan sumber daya ekonomi di Karawang. Yaitu bagaimana Karawang ini menjadi lumbung padi.

Karena di HPN ini memang belum ada anggota yang profesional di bidang pangan, tepatnya pada satu tahun lalu HPN Karawang sudah mendorong dibentuknya badan usaha untuk mewadahi para petani dari mulai tanam sampai dengan pemasaran.

HPN Karawang sudah meluncurkan badan usaha yang digerakkan dan ditangani oleh para petani dengan nama PT Hikmah Pangan Nusantara. Sebab itu dengan pola-pola seperti ini HPN akan banyak berbuat.

“Agar para petani di karawang bukan hanya menjadi objek, tetapi juga menjadi subjek sehingga nanti mendongrak kemakmuran,” terang Hasyim.

Pihakanya juga sudah mendorong semua sumber daya yang ada di Karawang. Bagaimana kita menangkap dan mengelola badan usaha berupa lembaga kesehatan yaitu rumah sakit sehingga menjadi leading usaha di bidang kesehatan untuk kebutuhan warga NU. (Fathoni)