::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::  Kuliah Plus Ngaji? Ke UNSIQ Wonosobo aja, -Memadukan mutiara luhur tradisi pesantren dan keunggulan Universitas Modern- Kunjungi http//:pmb.unsiq.ac.id. 081391983830 (Latu Menur Cahyadi)::: 

Kereta Api Makkah-Madinah Siap Dibuka Segera

Selasa, 11 September 2018 23:30 Internasional

Bagikan

Kereta Api Makkah-Madinah Siap Dibuka Segera
Ilustrasi: Arabnews
Makkah, NU Online
Menteri Transportasi Arab Saudi Nabeel bin Muhammad al-Amoudi mengatakan, kereta api berkecepatan tinggi yang melintasi Makkah, Madinah, dan Jeddah sedang dalam tahap akhir pengujian sebelum peresmian. 

“Fasilitas kereta api sepanjang 450 kilometer ini akan segera dibuka untuk umum,” kata al-Amoudi, diberitakan Arabnews, Senin (10/9).

Namun demikian, tidak ada keterangan pasti kapan waktu dan tanggal kereta cepat tersebut akan bisa dinikmati masyarakat. Baru-baru ini, al-Amoudi memeriksa fasilitas stasiun dan kesiapan operasional lintasan antara dua kota suci tersebut. Kereta api tersebut hanya membutuhkan waktu 120 menit untuk menempuh jarak 450 kilometer, dari Makkah ke Madinah.

Menurut al-Amoudi, proyek ini bukan hanya untuk fasilitas jamaah haji dan umrah. Melainkan juga untuk meningkatkan pembangunan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja.

Proyek Land Bridge Saudi

Selain kereta api cepat Makkah-Madinah, Saudi juga sedang mengembangkan beberapa proyek besar lainnya. Salah satunya Land Bridge Saudi yang menjadi penghubung Riyadh dengan Jeddah.

“Kami memiliki rencana ekspansi dan beberapa rencana induk yang akan dilaksanakan dalam beberapa tahun mendatang. Kami sedang melihat proyek Land Bridge Saudi, yang akan menghubungkan Riyadh dengan Jeddah,” lanjutnya.

Proyek ini menjadi salah satu yang terbesar di wilayah tersebut. Karena proyek ini melibatkan pembangunan 950 km jalur baru antara Riyadh dan Jeddah dan jalur lain sepanjang 115 km antara Dammam dan Jubail.

Al-Amoudi menyebutkan, proyek Land Bridge Saudi ini akan memberikan dampak yang signifikan terhadap potensi transportasi negara. Selama ini, perjalanan dari Jeddah ke Riyadh menggunakan transportasi bis memakan waktu 10-12 jam. Namun, dengan pembangunan rel jaringan Jeddah-Riyadh, waktu yang dibutuhkan hanya enam jam saja. (Red: Muchlishon)