::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::  Kuliah Plus Ngaji? Ke UNSIQ Wonosobo aja, -Memadukan mutiara luhur tradisi pesantren dan keunggulan Universitas Modern- Kunjungi http//:pmb.unsiq.ac.id. 081391983830 (Latu Menur Cahyadi)::: 

Mapel Al-Qur'an SD Zaha Genggong Segera Terapkan Metode Tikrar

Jumat, 14 September 2018 21:00 Daerah

Bagikan

Mapel Al-Qur'an SD Zaha Genggong Segera Terapkan Metode Tikrar
Seorang guru mengajarkan metode Tikrar untuk menghafal Qur'an
Probolinggo, NU Online
Dalam waktu dekat mata pelajaran (mapel) Al-Qur'an di SD Zainul Hasan (Zaha) Genggong Kabupaten Probolinggo akan menerapkan metode Tikrar. Metode ini diyakini akan membuat anak-anak lebih cepat menghafal dan lebih terukur hasilnya.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Biro Pendidikan Pesantren Zainul Hasan (Zaha) Genggong Abdul Aziz. Menurutnya, cara tersebut didapat melakukan monitoring ke SD Zaha Genggong untuk mengetahui bagaimana cara guru mengajarkan materi pada mata pelajaran Al Qur'an, khususnya bagi kelas akhir.

"Ketika melakukan monitoring di kelas V dan VI, kami melihat dan mendengarkan langsung, metode mengajarnya sangat beragam. Akhirnya kami mengambil kesimpulan perlu diterapkan metode Tikrar. Dengan metode ini maka anak-anak bisa lebih cepat menghafal dan hasilnya akan jauh lebih terukur," katanya, Jumat (14/9).

Tidak hanya berwacana saja, di dalam kelas Aziz kemudian mempraktikkan metode tersebut kepada sejumlah siswa SD Zaha Genggong. 

"Saya akhirnya langsung membimbing metode Al-Qur'an dengan metode Tikrar. Alhamdulillah dalam hitungan 10 menit, anak-anak sudah mampu menghafal 15 ayat," jelasnya.

Melihat metode tersebut efektif, para guru mapel Al-Qur'an menyatakan kesiapannya untuk mempraktikkan metode tikrar di SD Zainul Hasan Genggong. 

"Mudah-mudahan dengan metode Tikrar ini akan semakin banyak anak-anak yang menempuh pendidikan di lingkungan Pendidikan Pesantren Zainul Hasan Genggong cepat dalam menghafal Al-Qur'an," harapnya.

Sudah menjadi agenda rutin bahwa Biro Pendidikan Pesantren Zainul Hasan Genggong melakukan monitoring terhadap pola ajar mapel Al-Qur'an ke sekolah dan madrasah di bawah naungan Pendidikan Pesantren Zainul Hasan Genggong. Sehingga ke depan diharapkan akan ada perbaikan dalam pembelajaran mapel Al-Qur'an. (Syamsul Akbar/Muiz