::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Kemeriahan Bulan Kunjung Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga

Sabtu, 15 September 2018 00:00 Daerah

Bagikan

Kemeriahan Bulan Kunjung Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga
Yogyakarta, NU Online
Bulan September dalam kalender nasional memiliki dua momen penting. Bulan kesembilan itu dijadikan sebagai Bulan Gemar Membaca dan tanggal 14 September diperingati sebagai Hari Kunjung Perpustakaan. Hari Kunjung Perpustakaan menjadi momen penting dunia perpustakaan Indonesia. Pada peringatan 14 September biasanya banyak sekali kegiatan yang diadakan perpustakaan di seluruh Indonesia.

Peringatan Hari Kunjung Perpustakaan di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyagarta yang berlokasi di Jalan Adisucipto, Yogyakarta disemarakan dengan festival, Khaila's Henna Gallery, Tutorial Hijab dari Jolie Fashion dan Hijab, pameran Diana kerajinan lukis, Believe Coffe, Amnesty Denda, dan talkshow.

Salah satu kegiatan yang menarik perhatian para mahasiswa yaitu adanya Curhat dengan Mamake. Sesi ini merupakan penggalian informasi dan dialog tentang skripsi dan pencarian informasi. Melalui Curhat dengan Mamake, mahasiswa merasakan manfaat karena mereka menjadi tahu bagaimana pencarian informasi yang baik dan benar tentang skripsi.

Selain itu ada juga booth Plagiarisme Checker bareng Turnitine. Turnitine adalah layanan deteksi plagiarisme berbasis internet komersial.

"Booth ini bertujuan supaya tidak adanya plagiarisme dalam kegiatan pembelajaran di UIN Sunan Kalijaga, baik dalam mengerjakan makalah ilmiah maupun tugas akhir," tukas Labibah Zain, kepala Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Acara semakin meriah karena panitia menyediakan doorprize yang dibagikan setiap satu jam sekali, penghargaan bagi pecinta perpustakaan, temu dosen dan tokoh idola, dan pameran buku tentang Islam dan Jawa.

"Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga merupakan perpustakaan yang selalu ramai dikunjungi," ujar Akbar Suganda, mahasiswa Manajemen Universitas Gadjah Mada (UGM) yang juga penulis best seller fiksi horor usai mengisi talkshow.

Arif Miftah Zain, mahasiswa Ilmu Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga mengatakan perpustakaan merupakan jantung ilmu. "Selain itu juga perpustakaan dijadikan tempat yang nyaman untuk diskusi, dengan wifi yang lancar juga," imbuhnya.

Acara tersebut, mendapat respons sangat positif dari masyarakat kampus, terbukti dari ramainya pengunjung yang datang ke perpustakaan. Diharapkan, masyarakat kampus tak hanya memperingati hari itu saja, namun juga mengimplementasikannya dalam berbagai kegiatan. Selain itu juga supaya civitas akademik gemar membaca dan senang berkunjung ke perpustakaan. (Linatul Hikmah/Kendi Setiawan)