::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Innalillahi, Pakar Ilmu Falak Jombang KH Ma'muri Wafat

Sabtu, 15 September 2018 20:50 Daerah

Bagikan

Innalillahi, Pakar Ilmu Falak Jombang KH Ma'muri Wafat
Almarhum KHM Ma'muri Abdus Shomad
Jombang, NU Online
Innalillahi wa inna ilaihi roji'un, kabar duka datang dari Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Salah seorang pakar ilmu falak KH M Ma'muri Abdus Shomad menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) setempat, Sabtu (15/9) sekitar pukul 19.30 WIB.

"Pak Ma'muri (sapaan akrabnya) almarhum adalah ketua LFNU Jombang 3 periode sejak 2003 sampai dengan 2017 lalu," kata Ketua Pimpinan Cabang (PC) Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Jombang Mujazun.

Ia menjelaskan, sebab wafatnya almarhum yang juga pernah menjadi anggota BHR Kemenag Jombang ini adalah pendarahan pembuluh darah di otak. "Sejak Kamis sore beliau masuk ke RSUD Jombang," jelas Mujazun.

Sepanjang kiprahnya di organisasi, almarhum diketahui sangat memahami perkembangan ilmu falak. Di masa hidupnya ia juga sangat berperan aktif dalam menentukan hari-hari besar Islam dan perbedaan-perbedaan pendapat di tengah masyarakat.

"Beliau sangat perhatian dalam perkembangan ilmu falak. PC LFNU Jombang sangat kehilangan dan ilmu-ilmu beliau masih belum kita serap semua," ujarnya.

Almarhum KH M Ma'muri yang juga salah seorang dosen Ilmu Falak FAI Unhasy Tebuireng Jombang ini wafat dengan meninggalkan 4 anaknya yang kesemuanya adalah laki-laki.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada informasi terkait kapan jenazah akan dishalati dan dikebumikan. (Syamsul Arifin/Muiz)