::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Bersama Banom, NU Magelang Dukung Deklarasi Pemilu Damai

Selasa, 02 Oktober 2018 09:00 Daerah

Bagikan

Bersama Banom, NU Magelang Dukung Deklarasi Pemilu Damai
Magelang, NU Online
Pemilihan umum atau Pemilu merupakan hajat politik besar dan penting untuk kehidupan berbangsa dan bernegara. Memasuki masa kampanye Pemilu 2019, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Magelang menggelar aksi deklarasi Pemilu damai. Kegiatan dilaksanakan di Pondok Tingal Hotel, Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Senin (1/10).

Deklarasi dihadiri seluruh Partai Politik dan Caleg peserta Pemilu 2019, KPU Kabupaten Magelang, jajaran Forkopimda, Ormas kepemudaan, tokoh agama, tokoh masyarakat, jajaran penyelenggara mulai dari KPU Kabupaten Magelang hingga Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwascam) Kecamatan se-Kabupaten Magelang. 

Pada kesempatan tersebut, Penghurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Magelang hadir diikuti Badan otonom atau Banom mulai dari Muslimat NU, Fatayat NU, Ansor Banser, IPNU hingga IPPNU.

Tema deklarasi adalah Jika Kampanye Menanam Kebajikan, Maka Pemilu Memanen Harapan, serta dengan Semangat Hari Kesaktian Pancasila Kita Sukseskan Pemilu 2019, Mari Wujudkan Pemilu Berkeadilan, Bermartabat, Berintegritas dan Riang Gembira.

Bawaslu mengajak seluruh jajaran peserta maupun masyarakat untuk mewujudkan Pemilu yang jujur, adil, berintegritas serta riang gembira. 

"Nahdlatul Ulama mempercayakan pelaksanaan Pemilu kepada penyelenggara yakni KPU, Bawaslu dan DKPP agar dapat melaksanakan dengan profesional, mandiri, netral bermartabat, berintegritas dan dapat melayani seluruh kepentingan sebaik-baiknya,” kata As’ad Nurkholis. Wujud pelayanan tersebut tidak pandang siapapun, baik kepada masyarakat pemilih maupun kepada semua calon tanpa terkecuali, lanjutnya. 

"NU mengajak seluruh warga di Kabupaten Magelang khususnya, untuk bersama-sama menjaga ketertiban, ketenangan dan keamanan bersama, baik sebelum, saat dan sesudah pelakanaan Pemilu,” harapnya.

Kegiatan yang diselingi dengan tarian tarian Jawa dari sanggar Dua Atap serta wayang demokrasi semakin menghibur dan memberikan pesan Pemilu damai. Dan kegiatan dilanjutkan pembacaan deklarasi Pemilu damai, pemukulan kentongan, penanda tanganan kesepakatan bersama dan pembubuhan cap telapak tangan di banner deklarasi.

Sementara dari seluruh jajaran Pimpinan Cabang yang hadir mewakili PCNU Magelang, yakini H As'ad Nurcholis, mewakili Muslimat NU Noer Istiqomah, dari Fatayat NU, Titik Rahmawati, Ansor dan Banser oleh Muh Fathan, Sarman mewakili IPNU, Chairil Anwar dan Chabiburrahman, serta IPPNU yakni Herny Ambarwati dan Okta Saraswati. 

Hadir juga pada kesempatan tersebut Ormas selain NU, seperti Pengurus Daerah Muhammadiyah beserta Banom yang ada. (Thoyyib Rizqi/Ibnu Nawawi)