::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

HARI SANTRI 2018

Santri Pringsewu Antusias Ikut Olimpiade Kitab Hari Santri

Ahad, 07 Oktober 2018 23:00 Daerah

Bagikan

Santri Pringsewu Antusias Ikut Olimpiade Kitab Hari Santri
Olimpiade Kitab Hari Santri Kabupaten Pringsewu 2108
Pringsewu, NU Online
Rangkaian kegiatan Hari Santri 2018 di Kabupaten Pringsewu sudah mulai dihelat. Suasana meriah dan antusiasme tinggi tampak terlihat dan terasa sekali pada Olimpiade Kitab yang menjadi salah satu rangkaian awal kegiatan. Olimpiade kitab ini dipusatkan di Gedung NU Pringsewu, Ahad (7/10).

Dari pagi hari, para santri beserta ofisialnya telah memenuhi lokasi mimbar-mimbar yang sudah disediakan oleh panitia. Banyaknya santri yang ikut serta, mengharuskan panitia menambah mimbar tambahan yang mengambil lokasi di Pesantren Madinatul Ilmi, tidak jauh lokasinya dari Gedung NU Pringsewu.

"Antusiasme para santri dari pondok pesantren dan taman pendidikan Al-Qur'an ikut olimpiade santri tahun ini luar biasa. Peserta yang mendaftar jauh melebihi target yang sudah ditetapkan panitia. Kita tidak mau mengecewakan antusiasme ini sehingga panitia tetap menerima pendaftaran walau sudah melebihi target," kata Ketua Hari Santri Kabupaten Pringsewu, H Munawir di sela-sela kegiatan kepada NU Online.

Olimpiade kitab tersebut jelasnya, terdiri dari 4 cabang perlombaan yaitu Hafalan Nadhom, Kreasi Lalaran Nadhom, Qiro’atul Kutub dan Tahfidzul Qur’an. Masing-masing perlombaan terdiri dari dua kategori putra dan putri.

"Antusiasme luar biasa ada pada lomba Lalaran Nadhom dan Tahfidul Quran juz 30. Peserta sangat banyak mencapai seratus lebih untuk tahfidz dan 30 group lebih untuk lalaran," terangnya.

Antusiasme ini menunjukkan bahwa Hari Santri Nasional semakin mendapat tempat di hati masyarakat. Hari Santri menurutnya merupakan momen untuk kembali memperingati peran para santri dan ulama di Indonesia dalam ikut serta memperjuangkan kemerdekaan.

"Tugas kita sebagai generasi penerus adalah mengisi kemerdekaan dengan hal-hal positif seperti yang saat ini kita lakukan," tuturnya.

Selain olimpiade kitab, Panitia Hari Santri Kabupaten Pringsewu juga masih memiliki olimpiade lain yang seluruh rangkaiannya dinamakan sebagai Olimpiade santri.

“Ada empat olimpiade yang akan dilombakan untuk para santri yaitu Olimpiade Kitab, Olimpiade Olahraga, Olimpiade Pena dan Olimpiade Seni. Pekan depan akan dilanjutkan dengan olimpiade pena. Minta doa dan dukungan, semoga semua agenda olimpiade berjalan lancar dan sukses,” harapnya. (Muhammad Faizin)