::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Lampung Raih Juara Pertama Tahfidz 30 Juz MTQ Nasional 2018

Jumat, 12 Oktober 2018 20:00 Daerah

Bagikan

Lampung Raih Juara Pertama Tahfidz 30 Juz MTQ Nasional 2018
MTQ Nasional Cabang Tahfidzul Qur'an Sumatera Utara (Foto: Ist.)
Pringsewu, NU Online
Kafilah Lampung yang diwakili oleh Yazid Fadhilah, asal kota Metro, berhasil menjadi juara pertama dalam cabang hafalan Al Qur'an 30 juz pada perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran Tingkat Nasional yang dilaksanakan di Provinsi Sumatera Utara sejak tanggal 4-13 Oktober 2018.  

Yazid berhasil unggul atas dua pesaing lainnya dalam babak final,  Kamis (11/10) di Asrama Haji, Aula Quba Jalan A.H. Nasution Medan, Sumatera Utara. Yazid berhasil unggul atas Rifat Al Banna, asal Jawa Barat dan Azroi Sitorus asal Kepulauan Riau.

"Ketegangan mewarnai sepanjang partai final, dikarenakan kemampuan yang luar biasa yang dimiliki oleh semua finalis dalam menghafal keseluruhan teks Al Qur'an," demikian menurut Yusuf Baihaqi, Ofisial MTQ Kafilah Lampung untuk  30 Juz melalui keterangan tertulis yang diterima NU Online.

Selisih perolehan nilai dari ketiga finalis menurut dosen UIN Raden Intan Lampung ini pun sangat tipis. Sebagai juara pertama lanjutnya, Yazid Fadhilah berhasil memperoleh nilai 97. Juara kedua, Rifat Al Banna memperoleh nilai 96.17 dan  juara ketiga, Azroi Sitorus memperoleh nilai 95.33.

"Peringkat pasca perhelatan babak final ini sekaligus merubah peringkat babak penyisihan yang diikuti oleh 24 peserta dari seluruh provinsi yang ada di Indonesia, dimana pada babak penyisihan Rifat Al Banna menduduki peringkat pertama, Yazid Fadhilah menduduki peringkat kedua dan Azroi Sitorus menduduki peringkat ketiga," jelasnya.

Perubahan peringkat antara babak penyisihan dan babak final ini dikarenakan konsistensi penampilan yang diperlihatkan oleh Yazid Fadhilah dibandingkan dua peserta lainnya di babak final, khususnya dari sisi kekuatan dan keakuratan hafalannya.

Raihan prestasi ini disambut bahagia oleh segenap kafilah dan ofisial dari Lampung. Sekretaris Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Provinsi Lampung, Wasril Purnawan menilai prestasi nasional ini sangat diidam-idamkan baik oleh peserta maupun seluruh tim. Ia berharap prestasi ini mampu memotivasi seluruh elemen terkait MTQ di Provinsi Lampung untuk optimis dan terus meningkatkan kemampuannya.

“Kami sangat bangga dengan prestasi ini. Kafilah Lampung sudah menunjukkan kualitasnya dan kedepan kita akan terus pertahankan dengan pembinaan intensif kepada para peserta dari Lampung,” katanya sesaat setelah kemenangan tersebut. (Red: Muhammad Faizin)