::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Di Musim Gugur Ini NU Jerman Punya Kantor di Berlin

Selasa, 16 Oktober 2018 16:00 Internasional

Bagikan

Di Musim Gugur Ini NU Jerman Punya Kantor di Berlin
Para pengurus PCINU Jerman saat peresmian kantornya
Berlin, NU Online 
Musim gugur yang umumnya bersuhu dibawah 15°C, pada hari itu 13 Oktober, matahari bersinar tak malu-malu di di ibu kota Jerman, Berlin. Hawanya istimewa mirip seperti musim panas. Lebih istimewa lagi, sehari sebelumnya, pada pukul 12 siang sebagian Nahdliyin di Jerman berkumpul di Landsberger Allee 394, ruang 721, untuk acara peresmian kantor PCINU Jerman.

Keistimewaan ini tidak hanya disebabkan karena PCINU Jerman memiliki kantor untuk pertama kalinya, tetapi juga acara peresmian yang dihadiri oleh jajaran mustasyar, syuriyah, serta tanfidziyah, yang tinggal tidak hanya di Berlin, melainkan juga dari berbagai penjuru Jerman: München, Heidelberg, Stuttgart, Dresden, Dessau, Frankfurt, Wiesbaden, Bremen, dan Karlsruhe.

Setelah acara dibuka dengan Maulid Simtudduror, dzikir Sunan Ampel dan Shalawat Al-Fatih ijazah dari KH Thobary Syadzily, peresmian kemudian ditandai dengan penandatanganan piagam peresmian oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Federal Jerman, Arif Havas Oegroseno, dan Rais Syuriyah PCINU Jerman, KH Syaeful Fatah.

Bertambah istimewa acara ini sebab turut hadirnya para sahabat dari Pengurus Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) se-Jerman Raya, Keluarga Mahasiswa Katolik Indonesia (KMKI) Berlin, Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Berlin, dan Pusat Kebudayaan dan Kearifan Indonesia (IWKZ, Masjid Al-Falah) Berlin.

Acara peresmian berakhir sekitar pukul 14:30. Saat sebagian undangan meninggalkan lokasi, seluruh pengurus PCINU Jerman tetap tinggal di lokasi untuk melaksanakan bahtsul masail yang pertama di kantor barunya agar tak menyia-nyiakan kesempatan berkumpul yang langka ini. Mereka menyelesaikan forum diskusi berbagai permasalahan aktual di lingkungan PCINU Jerman ini tepat pada pukul 23:00.

Tak lupa pada kesempatan tersebut, para pengurus memohon doa dari segenap masyarakat agar dari ruangan tersebut akan banyak barokah dan manfaat yang dihasilkan, terutama untuk diri mereka sendiri agar terus berproses menuju kebaikan, juga untuk masyarakat sekitar.

Bagi masyarakat Muslim di Jerman yang tertarik, baik untuk bergabung, bekerjasama, ataupun sekedar ingin tahu lebih lanjut mengenai PCINU Jerman, silahkan kunjungi website https://www.pcinu.de. (Red: Abdullah Alawi)