::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

KH Masjkur Terpilih Pahlawan Santri 2018

Senin, 29 Oktober 2018 22:30 Nasional

Bagikan

KH Masjkur Terpilih Pahlawan Santri 2018
KH Asy'ari Sarbani (kiri) keluarga alm Kiai Masjkur menerima Pahlawan Santri 2018.
Surabaya, NU Online
KH Masjkur dari Malang, Jawa Timur terpilih sebagai Pahlawan Santri 2018 pada puncak penganugerahan Santri of The Year 2018 yang digelar di UIN Surabaya, Senin (29/10).

KH Masjkur adalah Menteri Agama Indonesia pada 1947 hingga 1949 dan 1953 sampai 1955. Ia juga pernah menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat RI periode 1956 sampai 1971 dan anggota Dewan Pertimbangan Agung pada 1968.

Keterlibatannya dalam perjuangan kemerdekaan menonjol di zaman pendudukan Jepang, sebagai anggota Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). 

KH Masjkur juga tercatat selaku pendiri Pembela Tanah Air (Peta) yang kemudian menjadi unsur laskar rakyat dan TNI di seluruh Jawa. Ketika pertempuran 10 November 1945, namanya muncul sebagai pemimpin Barisan Sabilillah.

Sementara itu, penghargaan nominasi Santri Mengabdi Sepanjang Hayat jatuh pada KH Hasyim Muzadi. Selain nama tokoh, sejumlah pesantren juga mendapat penghargaan dari Islam Nusantara Center (INC) selaku penggagas anugerah Santri of The Year.

Rektor UIN Surabaya Masdar Hilmy berharap nominator bisa membawa berkah dan motifasi bagi para santri dan masyarakat Indonesia. “Semoga bisa membawa berkah dan menjadi motivasi," katanya.

Direktur Islam Nusantara Center (INC), Ginanjar Sabana menegaskan dipilihnya Surabaya sebagai kegiatan ketiga kalinya ini karena sejarah besar kota Pahlawan ini.

"Jika Jakarta wajah kemerdekaan Indonesia, maka Surabaya rahim kemerdekaannya. Jika tidak ada santri dan Surabaya sebagai medan tempur, rasanya mustahil meraih kemerdekaan. Surabaya kota ilmu, santri dan kepahlawanan," ungkapnya.

Santri of The Year 2018 ini dimaksudkan untuk menemukan dan menampilkan tokoh atau figur santri yang telah memberikan sumbangsih prestasi mereka dalam bentuk gagasan inovatif. Sekaligus kerja dan karya juga prestasi bagi pembangunan bangsa dan negara. 

Sejumlah tokoh santri hadir, Gubernur Jatim terpilih Khofifah Indar Parawansa dan Wagub Jatim terpilih Emil Elestianto Dardak juga para penerima penghargaan. Sedangkan masing-masing kategori pesantren inspiratif diterima langsung oleh para pengasuh. 

Para Pemenang
Berikut adalah Santri dan Pesantren inspiratif peraih penghargaan Santri of The Year 2018:
Kategori Pesantren Salaf Inspiratif adalah Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang, Kategori Pesantren Modern Inspiratif adalah Pesantren Amanatul Ummah Surabaya-Mojokerto, Kategori Pesantren Entrepreneur adalah Pesantren Al Mawaddah (Kudus), Kategori Pesantren Takhassus Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo Situbondo (fiqh).

Kategori Santri Inspiratif Bidang Dakwah adalah KH Imam Mawardi (Surabaya). Kategori Santri Inspiratif Bidang Pendidikan adalah H Abdul Haris, Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Kategori Santri Inspiratif Bidang Wirausaha/Entrepreneur adalah Dahlan Iskan Pemilik Jawa Pos Group. Kategori Santri Inspiratif Bidang Kepemimpinan dalam Pemerintahan Kabupaten/Kotamadya adalah H. Asip Kholbihi, Bupati Pekalongan. Kategori Santri Inspiratif Bidang Kepemimpinan dalam Pemerintahan Provinsi adalah H Nurdin Basirun Gubernur Kepulaun Riau.

Sedangkan kategori Santri Inspiratif Bidang Seni dan Budaya adalah Veve Zulfikar (Sidoarjo). Untuk kategori Pahlawan Santri 2018 adalah KH Masjkur Malang dan kategori Santri Mengabdi Sepanjang Hayat adalah KH Hasyim Muzadi. (Rof Maulana/Ibnu Nawawi)