::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Sambut Maulid Nabi, Masjid At-Taubah Kraksaan Gelar Pengobatan Gratis

Sabtu, 03 November 2018 21:00 Daerah

Bagikan

Sambut Maulid Nabi, Masjid At-Taubah Kraksaan Gelar Pengobatan Gratis
Sambut Maulid Nabi dengan pemeriksaan dan pengobatan wara
Probolinggo, NU Online
Ibadah dan kesehatan memiliki hubungan yang sangat kuat. Menyadari hal tersebut, Masjid Jami' At-Taubah Kraksaan Probolinggo, Jawa Timur menggandeng Fakultas Kesehatan Universitas Nurul Jadid (Unuja) Paiton Probolinggo memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait dengan pentingnya kesehatan.

Kegiatan yang dipusatkan di Masjid Jami' At-Taubah Desa Bulu Kecamatan Kraksaan, Jumat (2/11) malam memberikan pengobatan gratis kepada masyarakat. Kegiatan ini sekaligus untuk menyambut datangnya Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H.

Ketua panitia Hj Siti Zahrowiyah kepada NU Online mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan untuk menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW dan bentuk kepedulian dari pengurus Masjid Jami' At-Taubah dalam rangka memberikan wawasan dan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya pola hidup sehat.

"Pola hidup sehat itu sangat penting dilakukan untuk menciptakan tubuh yang sehat dan terbebas dari segala macam penyakit. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan rutin memeriksakan kesehatan ke fasilitas kesehatan terdekat. Kegiatan ini adalah upaya demi mewujudkan masyarakat yang sehat," katanya.

Sementara Dekan Fakultas Kesehatan Unuja Paiton Ns. Handono Fatkhur Rahman menyampaikan kesehatan perlu dijaga dengan baik, karena semakin tua usia maka kesehatan akan semakin menurun. "Ketika sudah menurun, maka berimbas pula pada aktivitas dalam melakukan ibadah," katanya.

Menurut Rahman, tentunya hal tersebut tidak pernah lepas dari pola makan yang baik dan benar sesuai dengan yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Maka dari itu jangan makan secara berlebihan.

"Jika gula darah tidak di kontrol dengan baik, maka akan berdampak pada penyakit kronis dan komplikasi ke organ tubuh lainnya," imbuhnya.

Kegiatan pengobatan ditutup dengan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis terhadap ratusan jama'ah pengajian yang hadir pada pengajian tersebut. Meliputi pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan gula darah dan pemeriksaan asam urat. (Syamsul Akbar/Muiz)