::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Adakan Lomba Shalawat Daring, Muslimat NU Gandeng Sabyan Gambus

Selasa, 06 November 2018 02:45 Nasional

Bagikan

Adakan Lomba Shalawat Daring, Muslimat NU Gandeng Sabyan Gambus
Muslimat NU dan Sabyan Gambus (Foto: istimewa)
Jakarta, NU Online
Tradisi melantunkan shalawat berusaha dilakukan oleh Muslimat Nahdlatul Ulama di era perkembangan teknologi digital dengan menyelenggarakan lomba shalawat daring (dalam jaringan) atau online. Tidak tanggung-tanggung, Muslimat NU menggandeng grup musik Sabyan Gambus untuk menjadi juri.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muslimat NU, Hj Khofifah Indar Parawansa menyatakan, lomba shalawat online dipilih karena ada banyak warning dari kemungkinan penggunaan gadget. Termasuk banyak orang tua yang khawatir anak-anaknya tidak terpandu.

“Termasuk aplikasi dan link mana yang mereka akses, orang tua khawatir tidak semuanya konstruktif bagi tumbuh kembang anaknya. Maka kita ingin memberi penguatan melalui lomba shalawat online ini,” ujar Khofifah dalam keterangannya Ahad lalu dalam peluncuran lomba di Jakarta.

Sementara itu, vokallis Sabyan, Nissa Sabyan mengaku sangat senang dilibatkan dalam proyek yang mengharuskan setiap peserta membayar Rp10 ribu tiap kali mengirim bacaan shalawatnya itu. Salah satu lagu Sabyan berjudul Ya Maulana menjadi lagu tahap awal lomba shalawat online tersebut.

“Saya sangat senang bisa dilibatkan dalam lomba ini. Harapanya, bisa semakin banyak orang yang bersholawatan, ” ujar pemilik nama asli Khoirunnisa dalam kesempatan yang sama.

Untuk bisa mengikuti lomba tersebut, setiap peserta harus menginstall aplikasi Lomba Sholawat pada Google Play Store melalui https://s.id/lombasholawat.

Setiap peserta yang telah mendaftar setelah menginstal aplikasi tersebut bisa langsung mengikuti lomba. Namun dikenakan biaya sebesar Rp10 ribu per lagu. Akumulasi dari dana tersebut akan kembali kepada para pemenang.

Mereka akan mendapatkan hadiah berupa umroh, beasiswa, rekaman digital mastering, hingga berkolaborasi dengan Sabyan Gambus yang siap membuatkan video klip resmi bagi enam pemenang yang terdiri dari 3 kategori dewasa dan 3 lainnya kategori anak.

Dalam penyelenggaraan lomba shalawat ini, Muslimat NU memfasilitasi perusahaan penyedia platform dan live streaming, BroadcastingID. Argo Harsoyo selaku perwakilan dari BroadcastingID mengaku senang atas kolaborasi tersebut.

Ia pun mengucapkan terima kasih kepada Muslimat NU yang telah memberikan kesempatan bagi perusahaannya untuk 'mencetuskan' aplikasi khusus untuk lomba shalawat live streaming.

"Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh Muslimat NU yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk (akhirnya bisa) membuat aplikasi ini," ujar Argo dalam kesempatan yang sama saat peluncuran lomba. (Fathoni)