::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Selamatkan Generasi Bangsa, Titipkan Anak di Pesantren

Rabu, 07 November 2018 10:00 Daerah

Bagikan

Selamatkan Generasi Bangsa, Titipkan Anak di Pesantren
Pengajian Haul di Pesantren Sirojul Ummah Probolinggo
Probolinggo, NU Online
Solusi untuk menyelamatkan generasi bangsa utamanya bagi anak muda adalah menitipkan anak-anak untuk mencari ilmu pada pesantren. Sebab pesantren merupakan tempat menimba ilmu agama dan akhlak yang baik.

Hal tersebut disampaikan oleh Mustasyar Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Probolinggo H Hasan Aminuddin ketika menghadiri haul ke-11 KH Ali Rahbini dan Ny Hj Jamilaturrosyidah di Pesantren Sirojul Ummah Desa Kertosono Kecamatan Gading Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur Senin (5/11) sore.

“Titipkanlah anak di pesantren agar bisa menjadi anak yang baik, berakhlak dan menjadi shaleh dan shalehah, sehingga bisa membuat  kedua orang tuanya bahagia,” katanya.

Hasan meminta para orang tua agar senantiasa menjaga pergaulan anak dalam kehidupan sehari-hari agar senantiasa taat terhadap perintah orang tua dan gurunya, sehingga anak itu bisa selamat dari pergaulan bebas.

“Arahkanlah anak-anak pada pendidikan yang bisa mengisi akhlak dan agamanya. Dengan demikian anak bisa terhindar dari pergaulan bebas, narkotika dan miras serta obat obatan yang bisa merusak moral bangsa dan generasi muda,” tegasnya.

Menurut Hasan, setiap kegiatan haul yang dilakukan oleh seorang anak akan membuat tersenyum kedua orang tua yang sudah berada di alam barzah. Anak yang disebut shaleh dan shalehah adalah anak yang selalu membuat tersenyum kedua orang tuanya.

“Hormatilah kedua orang tua, guru dan tetangga sebagai bentuk akhlak yang baik dalam berkepribadian. Begitu juga sebagai orang tua wajib hukumnya menyelamatkan dan menjaga masa depan anak agar anak itu mempunyai akhlak yang baik,” terangnya.

Haul haul ke-11 KH Ali Rahbini dan Ny Hj Jamilaturrosyidah di Pesantren Sirojul Ummah ini dihadiri oleh Camat Gading Zainuddin, Ketua MWCNU Kecamatan Gading, Habib Abdurahman Ba'ali, Kepala Desa se-Kecamatan Gading serta para tokoh agama dan tokoh masyarakat di Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo. (Syamsul Akbar/Muiz)