::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Mengawinkan Kaligrafi dan Filologi di Taman Mini

Rabu, 07 November 2018 11:15 Esai

Bagikan

Mengawinkan Kaligrafi dan Filologi di Taman Mini
Oleh Didin Sirojuddin AR
Perjalanan paling mengasyikkan adalah perjalanan sambil nengok kanan-kiri.

قل سيروافى الأرض فانظروا

Artinya, “Katakan, ‘Berjalanlah di bumi, lalu lihatlah!"

Perjalanan mengasyikkan itu seperti Safari Seni oleh 200-an santri Pesantren Kaligrafi Al-Quran Lemka ke Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta. Di anjungan Bayt Al-Qur'an dan Museum Istiqlal (BQ & MI), para santri yang lagi PPL Sejarah  menyaksikan dua dunia satu atap  yaitu tulisan/lukisan kaligrafi dari dunia seni dan naskah-naskah kuno dari dunia Filologi.

Mereka bermaksud melirikkan pandangan kepada keduanya. Sebab, kajian kaligrafi dan filologi, selama ini, seakan “pisah ranjang.” Ada yang hanya kesengsem kaligrafi lantaran  lebih cantik dan komersil. Yang satunya serius sendirian sehingga kajian terhadap naskah-naskah Nusantara didominasi para filolog yang hanya mengkaji teks, bukan oleh kaligrafer dan peminat atau sejarawan seni.

"Kami ingin mengombinasi keduanya," kata seorang santriwati  Lemka yang saban hari tangannya belepotan karena  dipakai ngaduk cat. Ia  mengibaratkannya dengan teknik mixed media atau media campuran oil painting dengan acrylic dalam lukisan.

"Minyak dan air saja bisa dipersatukan dalam canvas. Nggak seperti kata Mansyur S penyanyi dangdut itu," tambahnya sedikit berseloroh.

Benar juga sich. Lha wong partai-partai politik yang berlawanan saja bisa berkoalisi.

Benar-benar asyik. Karya-karya kaligrafi di gedung buatan Presiden Soeharto 1997 warisan Festival Istiqlal I & II ini menerangkan banyak hal: teknik apresiasi dan variasi gaya para master khat dengan sederet nama para kaligrafer. Informasi tentang perkakas tulis dan lukis, dan pelajaran yang dimulai dari rancang bangun desain dan teknik menggores kalam dan menorehkan kuas, sampai finishing touch melalui pertimbangan  unsur-unsur elemen rupa: unsur garis, bentuk, volume, cahaya, warna, tekstur, ruang, dan bidang.

Mazhab-mazhab tradisional dan kontemporer. Karya-karya hasil MTQ Nasional (naskah, hiasan mushaf, dekorasi, dan kontemporer) dan kompetisi di Islamic Art Festival. Banyak pula lukisan kaligrafi koleksi Lemka.

Beberapa bahkan diterakan pada benda-benda tua seperti gerabah, kayu, kaca, dan kain tapis. Kanvaslah yang paling mendominasi, kebanyakan produk tahun 2000-an.  Tampilan karya-karya ini seperti menelusuri zona waktu yang telah melahirkan keahlian dan  kebudayaan semesta.

الخط من الصناعات المدنية التى تقوى وتضعف بقوة الحضارة وضعفها

Artinya, “Kaligrafi adalah produk kemajuan yang menguat dan melemah karena kuat dan lemahnya   kebudayaan."

Pameran di BQ & MI didominasi oleh naskah-naskah Al-Qur'an dan tafsir berbentuk manuskrip dan cetakan. Banyak pula manuskrip keagamaan bukan Al-Qur'an. Pendukungnya adalah karya-karya arsitektur, tekstil, nisan, seni rupa tradisional, seni rupa moderen, dan warisan budaya Islam (Islamic Heritage).

Yang paling menarik adalah naskah-naskah Al-Qur'an tua dari abad ke-17-20 M dan tulisan tangan Al-Qur'an modern yang dipelopori oleh Mushaf Istiqlal (1991-1995), Mushaf Sundawi, Mushaf Jakarta, Mushaf Ibu Tien Soeharto, sampai Mushaf Al-Bantani.

Perhatian tertuju pada rasam dan sisi visualnya, yaitu iluminasi dan kaligrafi yang jadi "makanan sehari-hari"  santri Lemka tapi kurang mendapat perhatian dari para peminat kajian naskah Nusantara. "Untuk zamannya, semuanya indah-indah, luaaar biasa,"  komentar para santri.

"Dan Mushaf Istiqlal, ini dia maha karya putra-putri terbaik Indonesia, karena beriluminasi ragam hias Nusantara yang melibatkan desainer, para khattat kreatif (warraqun mubdi'un, الوراقون المبدؤون), dan iluminator ahli." 

Tampak cahaya Islam tambah jelas via pancaran cahaya Al-Quran:

القرآن هوأول رافع لمناظرالخط العربى

Artinya, "Al-Qur'an adalah yang pertama kali mengangkat mercusuar kaligrafi."

Seluruh kerja kreatif ini, sebagaimana dalam tradisi penyalinan mushaf dan teks-teks non-Qur'anis di dunia Islam, masuk lingkup gerakan ilmiah dan kebudayaan mengiringi  pergerakan sejarah kebudayaan umat  manusia.

Warraqah (الوراقة) atau "kegiatan penyalinan naskah: penulisannya, penyebarannya, editingnya, dan distribusinya" benar-benar jadi barokah untuk para penulis (mencakup iluminator dan petugas peng-emasan), pasar kertas dan peralatan tulis seperti kalam khat, tinta dan wadahnya, penjilidan dan  penjual buku.

Setelah rehat 2 jam untuk menikmati pusat-pusat hiburan Taman Mini, para santri Lemka memasuki Teater Imax Keong Emas untuk nonton film The Journey to Mekkah, kisah sulitnya perjalanan Ibnu Batutah yang harus bersabung nyawa untuk pergi haji.

Nobar ini merupakan "praktik merasakan" sebagian dari naskah filologis Ibnu Juza'i, Tuhfahtun Nuzzar fi Gara'ib il Amshar wa 'Aja'ibil Asfar (Persembahan Seorang Pengamat tentang Kota-Kota Asing dan Perjalanan yang Mengagumkan) atau yang lebih dikenal dengan Kitab Al-Rihlah (journey, perjalanan) Ibnu Batutah.

Hebat tidak? Ketika usia 21 tahun, Ibnu Batutah yang lahir di Marokko 25 Februari 1304 M memulai perjalanan panjang yang mencakup 120.700 km² selama hampir 3 dasawarsa. Tiga kali lebih dahsyat daripada pengembara Marcopolo!

Ibnu Batutah berkelana dengan tujuan untuk mengenal bangsa-bangsa baru dan bertemu banyak orang dari latar belakang dan kebudayaan yang beragam. Karena terkagum-kagum dengan perjalanan pertamanya, ia bersumpah untuk mengunjungi sebanyak mungkin tempat yang dapat dikunjunginya selama hayatnya.

Salah satu kunjungannya adalah Pulau Sumatera, yang disebutnya "Pulau Jawa yang menghijau". Ibnu Batutah sampai di pelabuhan Kerajaan Samudera Pasai yang disebutnya "kota yg indah".

Ya, seindah perjalanan menuntut ilmu dan seindah bisa menautkan studi  kaligrafi dengan filologi.


*) Penulis adalah pengurus Lembaga Kaligrafi (Lemka) dan pengasuh pesantren kaligrafi di Sukabumi. Maestro kaligrafi ini juga mengajar di Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.