::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Buka MTQ, Bupati Pringsewu: Target Dunia Tercapai, Target Akhirat Tergapai

Jumat, 09 November 2018 11:00 Daerah

Bagikan

Buka MTQ, Bupati Pringsewu: Target Dunia Tercapai, Target Akhirat Tergapai
Pembukaan MTQ Kabupaten Pringsewu 2018
Pringsewu, NU Online
Kabupaten Pringsewu menggelar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke-7 Tingkat Kabupaten Pringsewu, Lampung  tahun 2018 di Desa Sidodadi Kecamatan Pardasuka. Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari mulai 8-10 November 2018 ini dibuka secara langsung oleh Bupati Pringsewu H Sujadi, Kamis (10/11) malam.

Dalam sambutannya H Sujadi berharap agenda tahunan yang sudah dilaksanakan sejak 2012 tersebut mampu menjadi washilah (perantara)  turunnya keberkahan bagi warga Pringsewu. Keberkahan tersebut secara otomatis akan menjadikan Bumi Jejajama Secancanan Bersenyum Manis ini sebagai daerah yang Baldatun Thoyyibatun wa Rabbun Ghafur (daerah yang sejahtera dan penuh berkah).

Kegiatan MTQ ini juga lanjutnya, merupakan upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Pringsewu untuk membangun jiwa dan sumberdaya manusia yang ada. Ia menegaskan bahwa pembangunan bukan hanya di bidang fisik saja, namun mental spiritual juga perlu menjadi perhatian penting untuk mewujudkan target-target kehidupan dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Banyak perintah Allah untuk terus membaca, memahami, dan mengaktualisasikan kandungan isi Al-Qur’an. Semua itu ditujukan salah satunya bagi kesuksesan dunia dan Akhirat. Kita bermohon dengan kecintaan kita terhadap Al-Qur’an, target dunia tercapai, target akhirat tergapai,” kata Bupati yang juga seorang Kiai ini didepan 526 peserta dan ofisial dari 9 kecamatan yang turut serta pada kegiatan tersebut.

Untuk menggali potensi peserta MTQ, Bupati berharap pembinaan intensif dari mulai level desa dan kecamatan dilakukan melalui seleksi SDM yang ada. Langkah ini bisa dilakukan dengan mengupayakan alokasi anggaran yang potensial untuk diserap semisal dari dana desa. Dengan partisipasi dan keseriusan seluruh elemen masyarakat di Pringsewu ini, ia optimis potensi SDM yang ada akan mampu menunjukkan prestasi.

“Kita berharap pada tahun 2020 mendatang saat Pringsewu menjadi tuan rumah MTQ tingkat Provinsi, Pringsewu mampu menjadi juara Umum,” harapnya.

Pada kesempatan tersebut, H Sujadi juga mengungkapkan tentang upaya lain pemerintah daerah dalam mewujudkan kecintaan kepada Al-Qur’an yakni dengan melakukan penulisan terjemah Al-Qur’an menggunakan Bahasa Lampung. Selain untuk menambah khasanah keilmuan Al-Qur’an, langkah ini juga untuk melestarikan Bahasa Lampung sehingga mampu senantiasa diwariskan kepada generasi mendatang.

Acara pembukaan yang dipusatkan di lapangan sepak bola Desa Sidodadi ini diwarnai dengan berbagai kegiatan diantaranya pawai ta’aruf kafilah, pagelaran seni tari dan musik, pameran produk lokal, dan berbagai kegiatan lainnya. Sebelum membuka acara dengan penekanan tombol sirine, Bupati menerima tropi dari Camat Kecamatan Ambarawa yang pada tahun 2017 menjadi juara umum. Tropi tersebut selanjutnya diserahkan kepada Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Pringsewu dan Camat Pardasuka yang selanjutnya diperebutkan oleh seluruh kafilah MTQ.

Cabang musabaqah yang akan di perlombakan diantaranya musabaqah tilawah, tahfidz, tafsir, kaligrafi, makalah, dan fahmil Qur’an. (Muhammad Faizin)