::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Ini Kata Dubes Aljazair tentang Citra Indonesia di Mata Masyarakat Aljazair

Ahad, 11 November 2018 06:30 Internasional

Bagikan

Ini Kata Dubes Aljazair tentang Citra Indonesia di Mata Masyarakat Aljazair
Safira Rosa Machrusah (kiri)
Jakarta, NU Online 
Duta Besar Indonesia untuk Aljazair, Safira Rosa Machrusah menyatakan bahwa masyarakat Aljazair mengagumi sifat orang-orang Indonesia yang suka menolong dan mempunyai tenggang rasa yang tinggi.

"Masyarakat Aljazair itu kepada orang Indonesia senang sekali. Mereka menganggap bahwa orang Indonesia adalah orang yang dermawan dan baik," kata Safira kepada NU Online di Jakarta,  Sabtu (10/11).

Baca:

Kebaikan Indonesia setidaknya dapat dibuktikan dari dua hal. Pertama, Indonesia mempunyai peran besar dalam perjuangan kemerdekaan Aljazair. Peran itu ialah ketika pemerintah Indonesia mengundang delegasi dari Aljazair untuk berpartisipasi dalam Konferensi Asia Afrika di Bandung tahun 1955, yang kemudian Aljazair merdeka dari Perancis tahun 1962.

"Indonesia dengan secara ikhlas membantu Aljazair merdeka dari Perancis," katanya.

Kedua, orang-orang Indonesia mudah membantu orang lain, termasuk orang  Aljazair. Safira pun berbagi cerita tentang kenangan orang Aljazair yang pernah dibantu orang Indonesia saat melaksanakan ibadah haji di Arab Saudi.

Ketika itu, orang Aljazair ingin sekali membaca Al-Qur'an, namun semua Alquran sedang dipakai oleh jamaah haji.  saat dalam keadaan sedih itulah datang seseorang yang kemudian diketahui sebagai orang Indonesia mendekatinya, lalu mengajaknya untuk bersama-sama membaca Al-Qur'an.

"mereka orang-orang Aljazair merasakan betapa orang Indonesia saja yang hanya mau menolong, membantu, tenggang rasa dan tepa selira dan itu disampaikan oleh orang-orang Aljazair dengan suasana yang beragam ada yang nangis dan lain-lain," ucapnya.

Ketika mendengar bahwa Lombok Sulawesi Tengah ditimpa bencana gempa bumi, orang Aljazair tersebut sedih, lalu menitipkan uang kepada dirinya untuk diberikan kepada orang-orang Indonesia yang terkena gempa tersebut.

"Jadi orang Indonesia itu bagus sekali di mata semua kalangan orang-orang Aljazair. Tidak hanya di mata orang tadi aja yang pernah ditolong," pungkasnya. (Husni Sahal/Kendi Setiawan)