::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Inilah Juara Umum Baru MTQ Kabupaten Pringsewu

Ahad, 11 November 2018 09:30 Daerah

Bagikan

Inilah Juara Umum Baru MTQ Kabupaten Pringsewu
Penyerahan Tropi Juara Umum oleh Wakil Bupati kepada Camat Pringsewu

Pringsewu, NU Online
Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Ke-7 tingkat Kabupaten Pringsewu, Lampung yang digelar di Desa Sidodadi Kecamatan Pardasuka memunculkan juara umum baru. Setelah beberapa tahun juara umum didominasi oleh Kecamatan Ambarawa, pada MTQ tahun 2018 kali ini Kecamatan Pringsewu berhasil membawa pulang tropi juara umum untuk pertama kalinya.

Ini berarti, selama perhelatan MTQ di Kabupaten Pringsewu sejak 2012, tercatat sudah tiga Kecamatan yang pernah mendapatkan juara umum. Kecamatan Ambarawa paling banyak mengoleksi juara umum yakni sebanyak 5 kali pada tahun 2012, 2013, 2014, 2016, dan 2017. Kecamatan Gadingrejo juga pernah menjadi juara umum saat kecamatan tersebut menjadi tuan rumah MTQ tahun 2015.


Penyerahan Tropi Bergilir dari Camat Ambarawa kepada Camat Pringsewu


Tahun ini, Kecamatan Pringsewu berhasil mendominasi perolehan piala pada berbagai cabang MTQ yang diperlombakan selama tiga hari dari 8-10 November 2018. Cabang yang diperlombakan terdiri dari Tilawatil Qur'an (anak-anak, remaja, dewasa, dan Canet), Hifdzil Quran ( 1 Juz, 5 Juz, 20 Juz, 30 Juz), Tafsir Quran ( Bahasa Arab, Bahasa Indonesia), Fahmil Quran, Syarhil Quran, Khottil Qur’an ( Golongan Naskah, Hiasan Mushaf, Dekorasi), dan Makalah Qur’an.

"Keberhasilan Kecamatan Pringsewu tahun 2018 ini merupakan hasil kerja keras seluruh elemen baik dari peserta, ofisial, dan seluruh elemen di Kecamatan Pringsewu," kata Camat Pringsewu Nang Abidin Hasan pada acara penutupan MTQ, Sabtu (10/11) malam.

Tropi piala diserahkan langsung Wakil Bupati Pringsewu H Fauzi sekaligus menutup secara resmi rangkaian MTQ Kabupaten Pringsewu ke-7 tersebut. Selain tropi piala juara umum, diserahkan juga piala bergilir dari camat Ambarawa ke camat Pringsewu yang pada tahun 2019 mendatang akan diperebutkan kembali oleh sembilan kecamatan yang ada di Bumi Jejama Secancanan Bersenyum Manis ini.


Penyerahan piala kepada para pemenang MTQ Kabupaten Pringsewu tahun 2018


Dalam sambutannya H Fauzi mengatakan, kesuksesan sebuah penyelenggaraan MTQ pada hakikatnya adalah bukan semata-mata dilihat dari banyaknya jumlah peserta serta kemeriahan acaranya, akan tetapi lebih dari itu, karena sesungguhnya yang teramat penting adalah bagaimana keberhasilan dalam mengaplikasikan nilai-nilai Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari.

"Kita berharap MTQ menjadi momentum  bagi Kabupaten Pringsewu untuk lebih mensyiarkan Islam dan Al-Qur'an,  dalam rangka mewujudkan Kabupaten Pringsewu yang Bersahaja (Berdaya saing, Harmonis dan Sejahtera)," ungkapnya sesuai dengan tema besar yakni Dengan MTQ ke-7 Kabupaten Pringsewu Kita Jadikan Sebagai Sarana Aktualisasi makna dan syiar Al-Qur’an Menuju Pringsewu Bersahaja.

Berikut peringkat MTQ Kabupaten Pringsewu ke-7 tahun 2018:
1. Kecamatan Pringsewu (Juara Umum)
2. Kecamatan Ambarawa
3. Kecamatan Pagelaran
4. Kecamatan Pardasuka
5. Kecamatan Banyumas
6. Kecamatan Adiluwih
7. Kecamatan Sukoharjo
8. Kecamatan Pagelaran Utara
9. Kecamatan Gadingrejo

(Muhammad Faizin)