::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Duta Besar Kamboja Sampaikan Kuliah Internasional di Unisnu Jepara

Jumat, 30 November 2018 20:00 Nasional

Bagikan

Duta Besar Kamboja Sampaikan Kuliah Internasional di Unisnu Jepara
Dubes Kamboja diUnisnu Jepara, Jateng
Jepara, NU Online
Kantor Urusan Internasional (KUI) Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara menggelar International Public Lecture (Kuliah Umum Internasional) bertempat di Ruang Seminar Gedung Pascasarjana, Kamis (29/11) kemarin. 

Hadir sebagai narasumber Mr. Hor Nam Bora, Duta Besar Kamboja untuk Indonesia menyampaikan kuliah umum di hadapan 100 peserta, terdiri dari dosen dan mahasiswa. Hadir juga Ketua Yaptinu, Rektor Unisnu, dan beberapa pimpinan lainnya. 

Dalam paparannya Hor Nam Bora menyampaikan Indonesia dan Kamboja memiliki iklim, budaya dan geografis yang hampir sama, bahkan Indonesia dan kamboja juga sudah mempunyai ikatan sejarah sejak zaman kerajaan Sriwijaya. 

“Ini merupakan kunjungan saya yang kesekian kalinya ke Jepara. Banyak sekali persamaan antara Indonesia dan Kamboja, bahkan beberapa kata di Indonesia juga sama dengan di Kamboja, di antaranya pasar, bubur di sana bobor, dan kampung di kamboja disebut kompung,” ujar Hor Nam Bora dalam orasinya. 

Menurutnya, ada beberapa hal yang sangat memungkinkan untuk dilakukan kerjasama baik Unisnu maupun Kabupaten Jepara. “Kamboja dewasa ini sedang giat melakukan proyek pembangunan properti, kebutuhan akan furniture tentunya akan terus meningkat. Jepara yang terkenal dengan kerajinan furniturenya bisa memanfaatkan momen tersebut,” ujarnya. 

Pihaknya juga siap memfasilitasi kerjasama di bidang akademik antara Unisnu Jepara dengan Universitas yang ada di Kamboja.

Kuliah Umum Internasional merupakan agenda rutin yang dilaksanakan KUI Unisnu Jepara. Pemilihan tema Tourism and Trade Industry adalah untuk memberikan wawasan pengetahuan kepada mahasiswa tentang perkembangan pariwisata dan industri perdagangan Kamboja. 

“Kegiatan ini juga diharapkan mampu menciptakan hubungan harmonis antara Unisnu dan Kedutaan Besar Kamboja, sehingga ke depannya mampu tercipta sebuah hubungan kerjasama yang saling menguntungkan,” terang Khusna Dwijayanti, Plh. Kepala KUI Unisnu Jepara. 

Bulan April 2019 mendatang juga akan ada pembahasan MoU mengenai Student Exchange (Pertukaran Mahasiswa) Unisnu ke Kamboja. (Syaiful Mustaqim/Muiz)