::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Peringati Maulid Nabi, Kanzus Sholawat Pekalongan Gelar Nikah Gratis

Jumat, 30 November 2018 20:30 Daerah

Bagikan

Peringati Maulid Nabi, Kanzus Sholawat Pekalongan Gelar Nikah Gratis
Acara NIkah Maulid di Kanzus Sholawat Pekalongan tahun kemarin
Pekalongan, NU Online
Memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW tahun 1440 Hijriyah,  Habib Luthfi bin Yahya Pekalongan Jawa Tengah akan menggelar berbagai acara. Selain puncak acara berupa pembacaan Maulid Simtud Dhuror pada Ahad 16 Desember 2018, juga ada beberapa agenda lain yang menyertai kegiatan maulid.

Salah satu agenda dalam rangkaian kegatan maulid di Kanzus Sholawat Pekalongan, yakni nikah maulid dilangsungkan Jumat (14/11) yakni  sebuah kegiatan nikah masal gratis diikuti terbuka oleh masyarakat yang menginginkan nikah secara sah menurut negara dengan biaya ditanggung panitia dihimpun dari sumbangan masyarakat. 

Koordinator Nikah Maulid, H Agus Yahya kepada NU Online Jumat (30/11) mengatakan, rata-rata setiap acara nikah maulid digelar, ada sekitar 20 pasangan yang ikut. Mereka adalah pasangan yang sebelumnya sudah nikah siri.

"Mereka yang ikut kegiatan nikah maulid adalah rata-rata sudah nikah siri, meski ada juga yang masih baru dan pingin nikah secara gratis di Kanzus Sholawat," ujarnya.

Agus Yahya yang juga Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Pekalongan Selatan berharap momentum maulid di Kanzus Sholawat ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat. Meski diakui minat masyarakat dari tahun ke tahun terus berkurang.

"Memang di tempat lain dalam wilayah yang sama ada juga kegiatan sejenis dengan hadiah yang lebih menjanjikan, akan tetapi saya tetap berharap, kegiatan nikah maulid di Kanzus Sholawat bisa dimanfaatkan oleh masyarakat," paparnya. 

Dikatakan, hingga hari ini baru ada 10 pasang calon pengantin dari target 20 peserta, dirinya berharap masyarakat Pekalongan dan sekitarnya yang ingin ikut nikah maulid masih ditunggu hingga tanggal 10 Desember mendatang da bisa mendaftarkan diri dengan menghubungi KUA di masing-masing kecamatan," pungkasnya. (Muiz)