::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Pengkaderan Harus Menyenangkan, Bukan Membosankan

Kamis, 06 Desember 2018 15:30 Daerah

Bagikan

Pengkaderan Harus Menyenangkan, Bukan Membosankan
Kaderisasi IPNU IPPNU Banyumas, Jateng
Banyumas, NU Online
Kegiatan pengkaderan menurut Wakil Ketua Bidang kaderisasi IPNU Banyumas Jawa Tengah Ikhsan tidak melulu dilakukan melalui jalur formal seperti makesta, lakmud, diklatama dan lain sebagainya. Bisa juga melalui juguran (kumpul) ngopi bersama atau jalan-jalan bersama. 

"Kegiatan pengkaderan sebaiknya dilakukan secara fleksibel dan bersifat lebih cair agar dan menarik agar tidak membosankan," kata Ikhsan kepada NU Online Kamis (6/12) di PC IPNU Banyumas. 

Ikhsan menegaskan, semua jenjang kaderisasi baik formal dan non formal semuanya penting untuk diikuti oleh semua kader, sebagai suatu bentuk proses berorganisasi dan menaati tata tertib peraturan organisasi yang ada. "Tanpa kecuali, semua jenjang kaderisasi itu penting untuk diikuti oleh semua kader," tegas Ikhsan.

Dikatakan, seperti kegiatan workshop kaderisasi yang digelar IPNU-IPPNU Banyumas pada Ahad (2/12) pagi adalah sebagai kegiatan pembuka dari serangkaian program kerja akhir tahun dilakukan oleh IPNU IPPNU Banyumas selama bulan Desember 2018 ini harus menyenangkan dan menggembirakan.  

Ketua IPNU Banyumas Ahmad Rofingun Banyumas menjelaskan tujuan digelarnya kegiatan workshop yakni ingin menyamankan persepsi tentang kaderisasi dan organisasi, baik itu secara garis organisasi antara anak cabang dan pimpinan cabang maupun secara personal antar kader IPNU dan IPPNU.

Rofingun melanjutkan, menyamakan persepsi tentang organisasi dan kaderisasi sangat penting sekali dilakukan, agar tujuan dan visi misi dari sebuah organisasi bisa lebih mudah terealisasi.  "Meskipun sedikit sulit menyamakan persepsi dari berbagai macam pemikiran dan pendapat, namun saya tetap yakin, visi misi dan tujuan kita sama untuk IPNU dan IPPNU," jelasnya.

Ketua IPPNU Banyumas Utya Matlaul Khasna menambahkan, kegiatan kaderisasi menjadi salah satu fokus kegiatan dari kepengurusan IPNU IPPNU Banyumas periode sekarang ini. Karena IPNU IPPNU sendiri merupakan organisasi yang berbasis kader, sehingga kaderisasi harus menjadi fokus utama dari berbagai macam jenis kegiatan. (Kifayatul Ahyar/Muiz)