::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Kiai Musthofa Aqil Tegaskan Persaudaraan Tak Membedakan Etnis

Kamis, 06 Desember 2018 21:05 Nasional

Bagikan

Kiai Musthofa Aqil Tegaskan Persaudaraan Tak Membedakan Etnis
KH Musthofa Aqil (berdiri)
Cirebon, NU Online
Islam memegang prinsip bahwa persaudaraan dan persahabatan sesama manusia tanpa melihat perbedaan etnis, suku, agama. Pasalnya semua manusia dimulaikan oleh Allah Swt. 

Hal tersebut disampaikan Pengasuh Pesantren Khas Kempek Cirebon, Jawa Barat, KH Musthofa Aqil Siroj pada kunjungan Duta Besar Republik Rakyat Tiongkok untuk Indonesia, Xiao Qian, Kamis (6/12).

Kiai Musthofa menyebutkan dengan rakyat dan negara Tiongkok, Indonesia sudah menjalin hubungan baik sejak lama. Demikian juga negara Tiongkok dengan NU dan pesantren.

Pada kunjungan untuk peresmian fasilitas mandi, mencuci dan kakus (MCK) di Pesantren Khas Kempek tersebut, kata Kiai Musthofa, menjadi bukti bahwa hubungan kerja sama antara Tiongkok dan Indonesia dapat memberikan kemanfaatan. 

Mengutip hadits Rasulullah Muhammad Saw, Kiai Musthofa menyebutkan sebaik-baik manusia adalah yang dapat membawa manfaat bagi manusia lainnya. Kiai Musthofa juga berharap kerja sama tersebut dapat mempererat hubungan negara Tiongkok dan Indonesia, hubungan masyarakat kedua negara, dan dunia pendidikan dengan dunia Pendidikan.

"Semoga Tiongkok menjadi negara yang aman dan baik," imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, Kiai Msuthofa menceritakan Pesantren Khas Kempek saat ini membimbing empat ribu santri. “Para santri mencari ilmu untuk kemanfaatan dunia dan kehidupan manusia,” kata Kiai Musthofa.

Selain di Pesantren Khas Kempek, bantuan fasilitas MCK juga dibangun di Desa Dadap dan Krangkeng di Indramayu; serta Desa Wanakerta dan Wanasari, Karawang.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Waketum PBNU H Maksum Mahfoedz, Bendahara Umum PBNU Bina Suhendra, pengurus LK PBNU, para pengasuh dan santri Pesantren Khas Kempek, serta perwakilan dari desa-desa lokasi bantuan pembangunan fasilitas MCK. (Kendi Setiawan)