::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

UNU Yogyakarta Gelar Pelatihan Program Kreativitas Mahasiswa

Jumat, 07 Desember 2018 10:30 Daerah

Bagikan

UNU Yogyakarta  Gelar Pelatihan Program Kreativitas Mahasiswa
Yogyakarta, NU Online
Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Penelitian Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Yogyakarta mengelar kegiatan pelatihan untuk persiapan ajang kontestasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2019. 

Pada kegiatan ini disi materi pengenalan PKM oleh Elok Pewening Maharanim, selaku dosen Teknologi Hasil Pertanian (THP UNU Yogyakarta). Juga materi pelatihan metodologi penelitian oleh Bambang Arianto, selaku dosen akuntansi UNU Yogyakarta dan ditutup pelatihan menulis artikel ilmiah oleh Puguh Windrawan dari Peneliti Pusat Studi HAM Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. 

“Kegiatan ini merupakan ajang pemanasan bagi mahasiswa yang akan ikut berlaga. Kegiatan pelatihan yang digelar akan meliputi pengenalan PKM, pelatihan metodologi penelitian dan kemudian penulisan artikel ilmiah,” kata Ketua Umum UKM Penelitian UNU Yogyakarta, Mohammad Taqiyudin Saleh.

Menurutnya, pelatihan akan digelar Jumat hingga Sabtu (7-8/12) di aula UNU Yogyakarta. Terakhir kegiatan ini ditutup pelantikan Ketua Umum UKM Penelitian masa bakti 2019-2020.

“Selain itu kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan persiapan teknis dari mahasiswa UNU untuk mengikuti ajang PKM tahun depan,” katanya. 

Apalagi UNU merupakan kampus baru, jadi tentu harus banyak belajar lebih banyak guna menghadapi kontestasi PKM ini. “Akan tetapi dari kegiatan ini kami tentu berharap tim UNU Yogyakarta ada yang lolos di ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional atau Pimnas,” jelasnya.

Sedangkan dalam sambutanya, Direktur Kemahasiswaan UNU Yogyakarta berharap UKM penelitian yang merupakan bentuk unit kegiatan mahasiswa yang sangat didukung sepenuhnya dan menjadi ujung tombak civitas akademik UNU. 

“Oleh sebab itulah UKM Penelitian ini diharapkan akan bisa menorehkan prestasi yang inovatif dan kreatif,” katanya. 

Untuk itulah dirinya meminta para mahasiswa yang akan ikut berkontestasi untuk bisa lebih giat lagi meneliti dan menulis. “Dengan demikian, UKM penelitian kedepan akan banyak melahirkan karya yang inovatif yang tentunya ikut mencerdaskan bangsa,” ungkapnya. 

“Selain itu UKM Penelitian dapat menjadi sebuah unit kreativitas bagi mahasiswa UNU Yogyakarta terutama dalam menulis, meneliti dan melahirkan banyak karya inovasi yang berbasis digital,” tandas Budi Sutiono yang juga dosen Prodi Manajemen UNU Yogyakarta. (B Arianto/Ibnu Nawawi)