Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

PBNU Lepas 30 Mahasiswa Penerima Beasiswa Kuliah di Maroko 

PBNU Lepas 30 Mahasiswa Penerima Beasiswa Kuliah di Maroko 
Penerima beasiswa studi di Maroko bersama Pengurus PBNU. (Foto: NU Online/Nuriel Shiami Indiraphasa)
Penerima beasiswa studi di Maroko bersama Pengurus PBNU. (Foto: NU Online/Nuriel Shiami Indiraphasa)

Jakarta, NU Online

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) melepas 30 calon mahasiswa baru yang akan menimba ilmu di Maroko tahun 2022. Pelepasan berlangsung di Pondok Pesantren Asshiddiqiyah Pusat, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Rabu (5/10/2022) malam. 


“Alhamdulillah PBNU malam ini melakukan pemberangkatan mahasiswa yang telah mengikuti rangkaian seleksi beasiswa ke Maroko sejak bulan Juli,” kata Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PBNU M Silahuddin.


Silah mengatakan, 30 calon mahasiswa baru akan ditempatkan di enam (6) universitas di Maroko. Adapun 6 universitas tersebut meliputi Jam’iah Al-Qarawiyyin Cassablanca (Kota Fes, Maroko), Jam’iah Imam Nafi’ (Kota Tangier, Maroko), Jam’iah Abu Bakar (Kota Fes, Maroko), Jam’iah Fatimah Fihri (Kota Fes, Maroko), Jam’iah Imam Malik (Kota Tetouan, Maroko), dan Jam’iah Qadhi Bensaid (Kota Oujda, Maroko).


Ia menyebut bahwa sebelumnya, para calon mahasiswa baru telah mendapatkan program intensif bahasa Arab selama tiga minggu. Program pendampingan bahasa tersebut diadakan secara gratis dan wajib diikuti oleh peserta. 


Silah berharap, calon mahasiswa yang merupakan kader dan delegasi NU itu dapat mewakili wajah wajah Islam Indonesia dengan baik dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat.


Pada kesempatan yang sama, Ketua PBNU KH Miftah Faqih menyampaikan selamat dan sukses kepada para penerima beasiswa Maroko tahun 2022. 


“Kami mengucapkan selamat jalan. Semoga Allah swt selalu membimbing dan meluluskan semua cita-cita kalian,” ujar Kiai Miftah dalam sambutannya. 


Ia menilai, para calon mahasiswa tersebut adalah delegasi terbaik yang membawa nama besar RI, NU, serta almamater pesantren. “Kader NU itu siap di segala bidang,” tegas dia.


“Anak-anakku harus serius di dalam menjalaninya. Jawab keseriusan ibu dan bapak (mengasuh dan mendidik) dengan keseriusan kalian dalam mencari ilmu sampai ke puncak yang tertinggi,” imbuhnya.


Maka itu, ia berpesan kepada calon mahasiswa baru untuk memantapkan niat sebagai permulaan menimba ilmu di negeri matahari terbenam itu. 


“Serahkan semua kepada Allah swt. Semoga Allah memberikan ilmu yang bermanfaat, kemudahan, serta kesehatan lahir dan batin,” tuturnya.


“Terutama sehat tidak terkena penyakit kangen rumah,” ia berkelakar. 


Seperti diketahui, calon mahasiswa baru tersebut merupakan penerima program beasiswa sinergi antara PBNU dengan Kementerian Wakaf dan Urusan Agama Islam Kerajaan Maroko di bidang pendidikan. 


Pewarta: Nuriel Shiami Indiraphasa
Editor: Syakir NF





Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×