Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Kuatkan Moralitas, PSNU Pagarnusa Tegal Gelar Ujian Kenaikan Tingkat

Kuatkan Moralitas, PSNU Pagarnusa Tegal Gelar Ujian Kenaikan Tingkat
UKT anggota Pagarnusa Kabupaten Tegal, Jateng
UKT anggota Pagarnusa Kabupaten Tegal, Jateng
Tegal, NU Online
Dalam upaya meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT agar tetap terkontrol, Pimpinan Cabang Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa Kabupaten Tegal terus memupuk nilai moralitas dan ketaqwaan kepada siswa atau pesilat secara berkelanjutan.

Kegiatan tersebut dilakukan pada Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) PSNU Pagarnusa Kabupaten Tegal Jawa Tengah yang bertempat di SMK Ma'arif NU Talang dan diikuti 256 siswa se Kabupaten Tegal, Ahad (15-16/12). 

"Ujian ini bertujuan untuk meningkatkan ketaqwaan pesilat agar tetap mempunyai moralitas yang tinggi sebagai pendekar / pesilat," ujar Ketua Umum Pagarnusa Kabupaten Tegal Jamaludin, kepada NU Online, Senin (17/12).

Menurutnya, tidak hanya materi yang diujikan, tetapi pemberian materi serta pendoktrinan terhadap siswa tentang sikap yang sesuai dengan nilai Islam Ahlussunnah waljamaah. "Selain pembekalan materi, doktrin nilai-nilai Aswaja juga kita tanamkan kepada peserta," katanya.

Sekretaris Umum PSNU Pagarnusa Kabupaten Tegal Nanang Syaeful Amri menambahkan, kegiatan dilakukan 6 bulan sekali sebagai pemantapan siswa yang telah ditempa di masing-masing sekolah atau tempat latihan umum.

"Penanaman sikap yang sesungguhnya dan sangat ideal adalah di tempat latihan masing-masing secara berkelanjutan. Sedangkan UKT ini untuk pemantapan siswa menuju jenjang berikutnya," ujar Nanang

Artinya, lanjut Nanang, setiap pelatih yang ada di sekolah atau tempat latihan umum tidak hanya menempa secara fisik, akan tetapi  penempaan mental dan sikap juga harus dilakukan. Karena di Pagarnusa adalah sikap terpujilah yang diutamakan dari prestasi fisik. 

"Berharap siswa ke depan dalam menjalin hubungan kemasyarakatan, sosial, dan budaya dapat mengimplementasikan nilai moralitas yang sesuai ajaran Ahlussunnah Waljamaah," pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut sejumlah tokoh masyarakat setempat, para pendekar NU Kabupaten Tegal dan sesepuh Pagarnusa Kabupaten Tegal. (Nurkhasan/Muiz)

BNI Mobile