IMG-LOGO
Nasional

Mahbub Djunaidi Dinilai Sangat Pantas Diusulkan Menjadi Pahlawan Nasional


Selasa 18 Desember 2018 08:30 WIB
Bagikan:
Mahbub Djunaidi Dinilai Sangat Pantas Diusulkan Menjadi Pahlawan Nasional
Ketua Mabinas PB PMII, H Ahmad Bagja
Jakarta, NU Online
Ketua Majelis Pembina Nasional (Mabinas) Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII), H Ahmad Bagja menilai H Mahbub Djunaidi pantas untuk didorong agar mendapat gelar Pahlawan Nasional.

"Saya menyambut baik gagasan-gagasan dari sahabat-sahabat PB PMII yang mengusulkan Mahbub Djunaidi sebagai pahlawan nasional. Saya kira itu sangat pantas," katanya kepada NU Online di tengah-tengah Seminar Nasional Mahbub Djunaidi for Pahlawan Nasional di Gedung Juang '45 Menteng, Jakarta Pusat, Senin (17/12).

Menurut Bagja, Mahbub berjasa besar terhadap PMII dan Nahdlatul Ulama. Mahbub yang juga Ketua Umum PB PMII pertama ini dianggap telah melakukan landasan pembangunan untuk tumbuh kembangnya PMII.

Sementara dalam dunia pers, Mahbub yang pernah menjadi jurnalis ini dinilai mempunyai pemikiran yang sangat besar dan mengetahui banyak informasi. Mahbub menjabat Ketua Umum PWI periode 1965-1970.

Bagja juga mengemukakan beberapa visi Mahbub tentang proses perubahan Indonesia, yakni keinginan menuju negara demokratis dan sumber daya manusia yang handal, sehingga Mahbub menggap ilmu bukan untuk ilmu, melainkan untuk keluhuran manusia dan kesejahteraan masyarakat.

"Ini pikiran yang saya kira berbeda diametral dari pikiran negara-negara lain misalnya dengan pemikiran liberal dan komunis, yang menganggap bahwa ilmu bisa dipakai untuk apa saja termasuk bikin senjata untuk perang, kalau bagi Mahbub, ilmu itu untuk meluhurkan derajat manusia," ucapnya.

Sebelumnya, Bagja meresmikan peluncuran Mahbub Djunaidi Institut. Lembaga itu sebagai wadah untuk memperjuangkan gelar pahlawan untuk Mahbub Djunaidi. (Husni Sahal/Kendi Setiawan)
Bagikan:
IMG
IMG