Home Nasional Keislaman English Version Baru Fragmen Internasional Risalah Redaksi Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download
HAUL GUS DUR 2018

Ibu Sinta Pimpin Langsung Persiapan Haul Gus Dur di Ciganjur

Ibu Sinta Pimpin Langsung Persiapan Haul Gus Dur di Ciganjur
Jakarta, NU Online
Acara peringatan Haul Gus Dur ke-9 di Ciganjur akan digelar hari ini sejak pukul 19.00 Wib hingga selesai. Acara akan berlokasi di kediaman Gus Dur di pondok pesantren Ciganjur, Jalan Al Munawaroh Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Istri Gus Dur, Ibu Nyai Sinta Nuriyah terlihat ‘turun langsung’ memimpin persiapan. Dengan duduk di atas kursi rodanya, Ibu Sinta terlihat sibuk ke kanan dan ke kiri melihat dan mengarahkan panitian yang melakukan persiapan. Beberapa kali beliau terlihat melakukan pengecekan kembali untuk memastikan semua persiapan berjalan sempurna.

Sejak siang pagi kawasan pondok telah sibuk bersolek untuk menyambut tamu dan undangan haul. Sebagian panitia tampak sibuk menyiapkan kursi, bangku, menggelar karpet, menata panggung dan melakukan persiapan lain. 

Selain panitia yang melakukan persiapan teknis, tampak sejumlah pria berpeci melantunkan ayat suci Al-Qur’an sejak dini hari tadi. Mereka mulai mengaji sedari pagi dan ditargetkan hatam sore ini. Sudah menjadi kebiasaan untuk menggelar hataman di hari haul Gus Dur.


(Panitia berseragam putih melakukan persiapan di kawasan haul Gus Dur ke-9 Ciganjur)

Siang setelah jumatan, kawasan halaman rumah Gus Dur sudah lebih rapih. Tampak puluhan kursi telah tertata rapi di bagian kanan kediaman Gus Dur. Di depan kursi-kursi VIP ini, di ujung kanan terdapat panggung dengan nuansa serba putih dengan layar LDD berukuran 10 meter. 

Halaman rumah Gus Dur dengan luas sekitar dua ratus meter persegi ini juga telah ditutupi karpet yang siap untuk dijadikan tempat duduk oleh tamu undangan haul tahun ini. 

Sementara itu, di taman, di bagian kiri rumah difungsikan sebagai kawasan konsumsi. Di sana disediakan Soto Lamongan untuk panitia dan relawan yang bertugas menyiapkan kegiatan. Hingga siang ini, tampak panitia sedang menyiapkan sound system untuk acara akbar ini. 

Dalam haul kali ini sederet nama tokoh nasional mulai dari ulama, habib, seniman, hingga penulis juga dikonfirmasi akan hadir pada acara tersebut. Sebut saja musalnya pengasuh pesantren Al-Anwar Sarang, Rembang, Jawa Tengah, KH Maimoen Zubair; Pengasuh Pengajian di Kota Depok Habib Abu Bakar Al-Attas; mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD; seniman Ebiet G Ade; penulis dan tokoh perempuan Tuti Herati Nurhadi; hingga tokoh jurnalis Aritides Katoppo. (Ahmad Rozali)
Posisi Bawah | Youtube NU Online