IMG-LOGO
Nasional
KONGRES IPNU IPPNU

Pelajar NU Harus Persiapkan Diri Hadapi Bonus Demografi


Ahad 23 Desember 2018 23:45 WIB
Bagikan:
Pelajar NU Harus Persiapkan Diri Hadapi Bonus Demografi
Cirebon, NU Online
Menghadapi Bonus demografi di Indonesia yang puncaknya diprediksi terjadi pada 2030 harus mulai dipersiapkan oleh pelajar-pelajar Nahdlatul Ulama, sehingga kehadirannya menjadi anugerah, bukan bencana.

"Diharapkan nanti rekan-rekan dari pelajar NU, apalagi ini momentum kongres, nanti muncul pemikiran dari rekan-rekan untuk menjawab tantangan bonus demografi," kata Ketua Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PW IPNU) Choirul Mubtadi'in kepada NU Online di Pesantren Kempek Cirebon, Jawa Barat, Ahad (23/12).

Ia sendiri mengemukakan beberapa segmentasi yang perlu menjadi perhatian pelajar NU dalam menghadapi bonus demografi.

Pertama, politik. Menurut pria yang kerap disapa Di'in ini, pelajar NU harus menjawab tantangan politik ke depan. Sebab nantinya, mayoritas yang mengisi politik pada bonus demografi adalah generasi milenial.

Kedua, ekonomi kreatif. Ia mengatakan, ekonomi kreatif dengan membuat  berbagai lompatan sangat diperlukan di era disrupsi yang ditandai dengan kecanggihan teknologi. 

"Inovasi-inovasi (memanfaatkan teknologi) ini yang harus perlu kita tekankan untuk menjawab tantangan zaman," ucapnya.

Ketiga, sosial. Di'in mengingatkan pelajar NU untuk tidak terlena dengan perkembangan dunia teknologi yang berdampak pada kehilangan kesadaran atas peran dan fungsi sosialnya.

"Dalam menjalani kehidupan, harus terjadi keseimbangan antara humanisme dan teknologi," katanya mengingatkan.

Keempat, teknologi. Perkembangan Teknologi yang pesat menjadi peluang tersendiri dalam mengembangkan potensi ekonomi. Pelajar NU harus bisa memanfaatkannya untuk kegiatan ekonomi, sehingga tidak membuatnya ketinggalan zaman. (Husni Sahal/Abdullah Alawi)

Bagikan:
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG