::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Ketua Arsinu: Anak Sehat dan Shalih Harapan Bangsa

Senin, 24 Desember 2018 09:30 Daerah

Bagikan

Ketua Arsinu: Anak Sehat dan Shalih Harapan Bangsa
Ketua Arsinu, Gus Ufik (kiri)
Jombang, NU Online
Masa depan bangsa ini sangat ditentukan oleh kiprah dan khidmat para generasi muda. Karenanya, yang dibutuhkan adalah sosok penerus bangsa yang tidak hanya shalih, juga sehat.

Penegasan ini disampaikan Ketua Asosiasi Rumah Sakit Nahdatul Ulama atau Arsinu, H Zulfikar As'ad kepada media ini terkait kebutuhan generasi di masa mendatang.

"Kami berharap, banyak dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan peningkatan kesehatan anak,” kata Gus Ufik, sapaan akrabnya, Senin (24/12) di kediamannya di Jombang, Jawa Timur. Karena anak sehat dan shalih adalah harapan masa depan bangsa, lanjutnya. 

Karena itu, Arsinu mendukung penuh kegiatan yang dilakukan berbagai kalangan untuk keperluan tersebut. Termasuk PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melalui anak perusahaannya PT Hexpharm Jaya bekerja sama dengan Arsinu menyelenggarakan khitanan massal. Ratusan anak mengikuti kegiatan di Wisma NU Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur tersebut. 

Selain khitanan massal, diadakan juga edukasi kesehatan bagi masyarakat mengenai penanganan luka yang bersih dan nyaman. Termasuk pemeriksaan kesehatan gratis berupa tensi, cek gula dan konsultasi kesehatan bagi warga setempat. Peserta khitanan massal sendiri dari keluarga kurang mampu dan kesulitan dalam mengakses fasilitas kesehatan karena berbagai faktor.

Pada kesempatan tersebut Marketing Manager PT Hexpharm Jaya, Bonny Anom mengatakan, kegiatan merupakan kerja sama yang kelima kalinya dengan rumah sakit jejaring Nadhatul Ulama. "Kalbe Grup akan terus mewujudkan komitmennya terhadap kesehatan masyarakat khususnya kesehatan anak di Indonesia," ungkapnya. 

Masih kata Bonny, dalam satu tahun ada beberapa kegiatan yang sama digelar Kalbe Grup bersama Arsinu. Selain di Mojokerto, kegiatan serupa juga pernah digelar di Bondowoso, Sidoarjo dengan target ratusan anak. Namun untuk kedepan, kegiatan tidak hanya digelar di Jawa Timur namun juga ke provinsi lain. 

H Zulfikar As'ad menambahkan, jika Arsinu menyambut baik sejumlah kegiatan yang ada selama ini. "Kami berharap kegiatan bisa terus berlanjut agar dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan peningkatan kesehatan anak. Karena anak sehat dan shalih adalah harapan masa depan bangsa," tuturnya. 

Menurut pimpinan di Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Peterongan, Jombang ini, setiap rapat kerja (raker) digelar maka akan disampaikan rumah sakit NU di mana yang akan digelar khitanan massal dengan menggandeng Kalbe Grup tersebut. 

Pihaknya berharap, seluruh rumah sakit NU akan mendapatkan program yang sama. “Sementara terkait peserta, masing-masing rumah sakit Nahdlatul Ulama dan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama di setiap daerah,” harapnya. (Ibnu Nawawi)