IMG-LOGO
Daerah

Peduli Lingkungan, Ansor di Lamongan Tanam Pohon

Senin 24 Desember 2018 08:45 WIB
Peduli Lingkungan, Ansor di Lamongan Tanam Pohon
Lamongan, NU Online
Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, Pimpinan Ranting Gerakan Pemuda Ansor Sumberdadi melakukan penanaman pohon bersama masyarakat dan pemerintah Desa Sumberdadi, Mantup, Lamongan, Jawa Timur, Ahad (23/12). Penanaman secara resmi dimulai di Dusun Kedungsumber, selanjutnya dilaksanakan masyarakat di masing-masing dusun.

Penanaman diawali oleh Kepala Desa Sumberdadi bersama Gerakan Pemuda Ansor setempat dengan menanam ratusan batang pohon di tepi jalan baru di Dusun kedungsumber. Selebihnya dibagikan kepada masyarakat untuk ditanam pekarangan atau di kebun.

Ketua PR GP Ansor Sumberdadi, Sukamto mengatakan, secara keseluruhan bibit pohon yang ditanam sejumlah dua ribu batang, yang terdiri dari 1200 batang jenis kayu dan 800 batang jenis buah. “Bibit tersebut kita peroleh dari Persemaian Permanen Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Brantas Sampean yang berada di Mojokerto, dan kita bagikan secara gratis kepada masyarakat,” katanya.

“Penanaman pohon ini merupakan wujud perhatian dan kecintaan pemuda terhadap lingkungan,” ungkapnya.

Selain itu kegiatan Ansor ini sangat berguna untuk meningkatkan kesadaran masyarakat ikut menanam pohon dan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca. “Sehingga dapat menurunkan pemanasan global, dan masyarakat juga mendapatkan hasil dari pohon buah-buahan yang ditanam,” jelasnya.

Kepala Desa Sumberdadi Sugiono mengapresasi menanam pohon yang diprakarsai Ansor Sumberdadi. Menurut dia, manfaat kegiatan tidak bisa dirasakan dalam waktu dekat. “Namun, beberapa tahun ke depan dampaknya akan dirasakan masyarakat,” katanya. Penanam pohon dapat meningkatkan kesadaran cinta lingkungan masyarakat setempat, lanjutnya. 

”Menanam pohon sangat besar manfaatnya terhadap kelestarian dan keseimbangan alam. Pada musim kemarau, cuaca cukup panas sehingga butuh penghijaun agar sejuk,” ucapnya.

Sunardi selaku Ketua Unit Pemberdayaan Pertanian PR GP Ansor Sumberdadi selaku penanggungjawab kegiatan berharap masyarakat turut menjaga dan memelihara pohon yang sudah ditanam. “Agar pohon tersebut tumbuh subur. Dengan begitu, kelestarian lingkungan terjaga dengan baik yang pada gilirannya dapat memberikan manfaat kepada masyarakat Desa Sumberdadi,” jelasnya. 

Menurutnya, Ansor akan terus memantau pertumbuhan dan membantu masyarakat dalam perawatan pohon yang telah ditanam. “Sehingga nantinya pohon tersebut dapat memberikan manfaat bagi lingkungan dan warga Sumberdadi,” tutupnya. (Ibnu Nawawi)
Tags:
Bagikan:
IMG
IMG