Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Lakpesdam NU Perlu Sinergikan Cabang Hingga Pusat

Lakpesdam NU Perlu Sinergikan Cabang Hingga Pusat
Peserta Rakornas Lakpesdam NU di Bekasi, Jabar
Peserta Rakornas Lakpesdam NU di Bekasi, Jabar
Bekasi, NU Online
Sekretaris Umum Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (Lakpesdam) PBNU H Marzuki Wahid menyebutkan, garapan penting Lakpesdam dari pusat hingga cabang setidaknya harus seirama dan senafas dalam membangun gerakan. Walaupun tak melakukan gerakan yang sama namun, visi dan misinya harus memiliki kesamaan pandangan, terutama dalam hal pengkaderan. 

Hal tersebut diungkapkan dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Nahdlatul Ulama (Lakpesdam NU) di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Luar Negeri (Cevest) Kota Bekasi, Jawa Barat, Senin (24/12)

"Saat ini setidaknya terdapat 3 tipe pengkaderan yang harus dikerjakan dalam NU. Pertama, kader struktural, kedua kader penggerak, dan ketiga, kader ulama," ujarnya.

Dikatakan, pengkaderan di lingkungan NU saat ini ada tiga model. Namun belum merata di semua level tingkatan kepengurusan Nahdlatul Ulama, mulai dari kader struktural sudah ada Madrasah Kader Nahdlatul Ulama (MKNU), Pendidikan Kader Penggerak Nahdlatul Ulama (PKPNU), dan kader ulama dengan Pendidikan dan Pengembangan Wawasan Keulamaan (PPWK). 

Menurut Ketua Lakpesdam PBNU Rumadi Ahmad bahwa MKNU dan PKPNU sudah merata di wilayah dan cabang-cabang se-Nusantara. Akan tetapi PPWK atau yang senafas dengan PPWK tak banyak yang mengerjakannya. "Kami di Lakpesdam PBNU siap untuk melatih fasilitator dan menjembatani agar terlaksana PPWK ini di Wilayah hingga Cabang," ujarnya.

Terkait pengkaderan ini dikuatkan oleh Ketua PBNU H Imam Aziz dengan mengutip pernyataan Gus Dur bahwa terdapat 8 sektor kaderisasi yang harus selalu digelorakan NU. Yaitu pengembangan kaderisasi, bidang profesional, TNI/POLRI, bidang media, birokrasi, ekonomi, dan masyarakat sipil, serta partai politik.

Wakil Ketua Lakpesdam NU Kota Semarang H Gunawan kepada NU Online mengatakan, dirinya mengaku bersemangat untuk segera menyikapi apa yang telah dibicarakan pada forum rakornas Lakpesdam NU ini. 

"Lakpesdam NU Kota Semarang segera merapatkan barisan untuk segera merumuskan apa yang bisa kita kerjakan bersama dengan Lakpesdam PWNU Jateng dan lakpesdam PBNU," ungkapnya. (Zulfa/Muiz
BNI Mobile