IMG-LOGO
Trending Now:
Daerah

Kebersamaan Warga Bojong Galang Dana Korban Tsunami Selat Sunda

Rabu 26 Desember 2018 14:16 WIB
Bagikan:
Kebersamaan Warga Bojong Galang Dana Korban Tsunami Selat Sunda
Tangerang Selatan, NU Online
Karang Taruna Desa Bojong Kecamatan Cikupa Kabupaten Tangerang menginisiasi kegiatan galang dana untuk korban tsunami Selat Sunda, Rabu (26/12/2018). Penggalangan dilakukan dengan berkeliling kampung menemui para warga yang hendak menyumbangkan pakaian laik pakai dan uang atau makanan. 

Hasil dari penggalangan dana tersebut terkumpul uang Rp 2.520.000 dan 15 karung pakaian laik pakai yang disumbangkan langsung oleh warga terdiri dari pakaian laki laki, perempuan dan anak anak. Warga Bojong ikut berduka atas kejadian yang menimpa warga kabupaten Serang, Pandeglang-Banten dan Lampung Selatan tersebut. Secepatnya, bantuan itu akan diberikan kepada korban tsunami.

Pengurus Karang Taruna Desa Bojong, Cikupa-Tangerang, Madnur mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga yang telah membantu dirinya ikut terlibat dalam membantu saudara saudara yang menjadi korban tsunami. 

Menurutnya, kegiatan rencananya akan terus berlanjut ke sejumlah titik yang belum didatangi. Upaya itu, kata dia, agar ratusan korban tidak merasa kesulitan dan kembali hidup normal seperti yang ada di daerah lain. 

“Saya sebagai pengurus Karang Taruna Desa Bojong Cikupa mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas partisipasi serta kepedulian rekan-rekan atas penggalangan dana logistiknya buat korban bencana alam tsunami Banten. Tak lupa juga saya ucapkan terimakasih kepada seluruh elemen masyarakat Desa Bojong yg sudah ikut berpartisipasi dalam memberikan bantuan nya baik itu dari segi moral, moril juga meterinya, Semoga apa yg sudah kita lakukan dan kita berikan bisa bermanfaat buat para korban bencana alam yang membutuhkan,” ujarnya kepada NU Online. 

Sementara itu pemudi lain, Tuty Hasanah menuturkan kegiatan gotong royong di Desa Bojong Cikupa Tangerang kerap dilakukan. Apalagi, ujar dia, untuk korban bencana, hampir seluruh warga antusias dan berbondong bondong ikut memberikan sumbangan. 

Tanpa diminta, kata Tuty, warga sering menanyakan apa dan bagaimana sikap mereka terhadap situasi yang terjadi. Mereka, lanjut warga RT 11 ini, menunggu yang menggerakan agar penggalangannya dapat dikeola dengan baik tertib dan tidak memunculkan persoalan. 

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan bakti sosial ini, melihat hasil donasi yg terkumpul menandakan antusias  warga desa Bojong sangat tinggi untuk membantu dan berbagi dengan saudara-saudara kita yang terkena musibah,” tuturnya. (Abdul Rahman Ahdori/Abdullah Alawi)

Tags:
Bagikan:
Rabu 26 Desember 2018 22:30 WIB
NU PEDULI BANTEN-LAMPUNG
Keluarga Besar NU Pringsewu Sigap Bantu Korban Tsunami di Lampung Selatan
Keluarga Besar NU Pringsewu Sigap Bantu Korban Tsunami di Lampung Selatan
Pringsewu, NU Online
Keluarga Besar NU Kabupaten Pringsewu merespon cepat kondisi perkembangan korban paska bencana tsunami yang terjadi di kawasan selat sunda khususnya di Kabupaten Lampung Selatan pada Sabtu (22/12) lalu.

Kebutuhan akan berbagai macam barang keperluan hidup sehari-hari dikirimkan langsung kepada para korban terdampak bencana yang telah mengakibatkan ratusan jiwa meninggal dan harta benda hilang.

Badan otonom dan Lembaga NU di Pringsewu saling bersinergi dengan berbagai macam upaya seperti penggalangan dana dan pengadaan berbagai barang yang dapat membantu meringankan penderitaan para korban.

"Kami sudah menyiapkan satu mobil pick up dan dua mobil minibus untuk membawa berbagai barang keperluan yang sangat dibutuhkan ke lokasi para korban tsunami di Lampung Selatan," kata Ketua PC Muslimat NU, Hj Ani Fitriani, Rabu (26/12).

Diantara barang yang siap untuk dikirimkan pada Kamis (27/12) diantaranya berupa selimut, kasur lantai, beras, susu bayi, pampers bayi, minyak kayu putih, minyak goreng, celana dalam, sabun cuci, sabun mandi, sampoo, baju layak pakai, handuk mandi dan sejenisnya.

"Kami juga telah menyiapkan kompor gas lengkap dengan tabungnya. Mudah-mudahan dapat membantu para korban dan insyaallah bermanfaat dan membawa keberkahan," harapnya.

Selain Muslimat, Gerakan Pemuda (GP) Ansor juga bergerak dengan menggalang dana. Penggalangan terus dilakukan oleh PC Ansor Pringsewu secara manual diberbagai titik keramaian maupun secara online melalui transfer dana melalui rekening bank. Hal serupa juga dilakukan pelajar NU yang tergabung dalam Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Pringsewu.

Sementara NU Care dan NU-Care Lembaga Amil Zakat Infak Sedekah NU (LAZISNU) Pringsewu juga sigap merespon kondisi dengan mengalokasikan dana dan berbagai macam kebutuhan bagi para korban. Kepada NU Online, Ketua NU Care LAZISNU Pringsewu, Khairuddin mengungkapkan pihaknya telah menyiapkan dana sosial dari alokasi hasil Kotak Koin Pondasi Akhirat yang menjadi sumber pemasukan setiap bulannya.

"Kita sudah berkoordinasi dengan NU-Care LAZISNU Pusat yang saat ini sudah stand by di lokasi untuk menyalurkan bantuan yang masuk ke Pos NU Peduli," ungkapnya.

Ia menjelaskan bahwa selain dalam bentuk uang, NU-Care LAZISNU Pringsewu juga akan menyalurkan berbagai macam kebutuhan sehari-hari di lokasi paling parah terhantam tsunami yakni di Kecamatan Rajabasa. (Muhammad Faizin)
Rabu 26 Desember 2018 22:0 WIB
Tanamkan Aswaja, NU di Jombang Gelar Jambore Anak Shaleh
Tanamkan Aswaja, NU di Jombang Gelar Jambore Anak Shaleh
Jombang, NU Online
Jambore Anak Shaleh atau Jamasol adalah sarana sarat manfaat bagi pembinaan generasi muda Nahdlatul Ulama sejak dini. Kemampuan mereka diasah dalam membaca al-Qur’an dan dikenalkan pemahaman terhadap ajaran Islam Ahlussunnah wal Jamaah atau Aswaja. Ini penting agar ajaran Islam Aswaja sudah terpatri di dalam hati sanubari mereka.

Demikian disampaikan Ustadz Usman Hasan pada pembukaan Jamasol yang diselenggarakan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Jam’iyatul Qurra Wal Huffadh (JQH) Nahdlatul Ulama Mojowarno, Jombang, Jawa Timur, Rabu (26/12). 

Kegiatan  Jamashol VI ini dipusatkan di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Najatud Daroini, Desa Gedangan, Kecamatan Mojowarno.

Ustadz Usman Hasan selaku Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Mojowarno menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada PAC JQH setempat yang istikamah menyelenggarakan Jamashol se-Kecamatan Mojowarno setiap tahun. 

“Ini tahun keenam kegiatan yang diikuti hampir seluruh Taman Pendidikan al-Qur'an yang ada di wilayah Mojowarno,” katanya. Hal tersebut sebagai bukti dari antusiasme masyarakat dan meriahnya Jamasol yang diikuti ribuan santri pada saat pembukaan berupa pawai taaruf, lanjutnya.

Terdapat 14 cabang lomba disiapkan panitia yang diikuti para santri di bawah naungan PAC JQH NU Mojowarno.

Kegiatan tersebut merupakan agenda tahunan sekaligus sebagai media dakwah untuk mengenalkan masyarakat pentingnya mendidik putra-putrinya di TPQ agar menjadi generasi qur’ani.

Ustadz Usman Hasan juga berharap agar kegiatan tidak berhenti sampai di sini. “Harus ada tindak lanjut dan sinergitas yang kontinyu dengan kegiatan lebih lanjut di level kabupaten, provinsi bahkan sampai ke tingkat nasional,” jelasnya. 

Karena itu, dirinya berharap PAC JQH Mojowarno tetap semangat karena kegiatan ini sangat bermanfaat. “Kontribusi dan kerja keras kita pasti ada dampak positifnya, baik untuk pribadi maupun untuk organisasi,” katanya di hadapan ribuan hadirin.

Pembukaan Jamashol VI ditandai dengan pawai ta’aruf diikuti lima ribu peserta santriwan santriwati TPQ se-Mojowarno. 

Tepat pukul 08:15 WIB peserta pawai ta’aruf diberangkatkan Samsun selaku Camat Mojowarno didampingi oleh Ketua MWC NU Mojowarno, Kepala Desa Gedangan, Ketua NU Gedangan, Banom NU Mojowarno, serta panitia Jamashol. 

Start pawai dilakukan di depan Masjid Najatud Daroini dan finish juga di depan masjid tersebut. (Syaihul Alim/Ibnu Nawawi)

Rabu 26 Desember 2018 21:30 WIB
Pagar Nusa Kartasura Galang Dana Korban Tsunami Selat Sunda
Pagar Nusa Kartasura Galang Dana Korban Tsunami Selat Sunda
 Sukoharjo, NU Online 
Puluhan anggota Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa Kartasura turun ke jalan melakukan kegiatan kemanusiaan dalam rangka penggalangan dana untuk korban tsunami di Lampung dan Banten. Kegiatan dilakukan di tiga titik jalan utama di Kecamatan Kartasura yaitu perempatan PKU Kartasura, Desa Ngadirejo dan Colomadu.

Kegiatan yang berlangsung sekitar dua jam tersebut terkumpul uang enam juta rupiah lebih. “Uang disalurkan lewat LAZIZNU untuk secepatnya disalurkan ke korban bencana di Lampung dan Banten,” kata Muhammad Naim, Rabu (26/12).

Kang Naim yang juga sebagai koordinator kegiatan mengemukakan acara dilakukan sebagai bukti  rasa kepedulian pesilat Pagar Nusa kepada sesama. “Karena dalam Pagar Nusa ada ajaran ukhuwah insaniyah yaitu persaudaraan sesama manusia,” katanya. Bahwa sebagai seorang manusia di bumi Allah harus peduli dan tidak boleh membeda-bedakan dalam hal kebaikan, lanjutnya.

Di akhir kegiatan hadir pula Rais Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sukoharjo, KH. Abdullah Faisal dan mendatangi para pendekar dan mendukung aksi solidaritas. 

"Semoga Pagar Nusa Kartasura Bisa Sukses menjadi contoh pendekar yang baik," tandas Abah Faisal, sapaan akrabnya.(Dimyati/Ibnu Nawawi)

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG
IMG