MUI Lampung Umumkan Pemenang Lomba Menulis Islam Moderat

MUI Lampung Umumkan Pemenang Lomba Menulis Islam Moderat
Foto: Ketua MUI Lampung
Foto: Ketua MUI Lampung

Bandarlampung,NU Online

Setelah dilakukan penilaian terhadap naskah lomba artikel dan khutbah Jumat yang dikirim oleh peserta kepada panitia, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Lampung merilis para pemenang lomba yang digelar dalam rangka Milad MUI ke-44 tahun 2018 ini.

Menurut Ketua Majelis Ulama Indonesia Provinsi Lampung KH Khairuddin Tahmid, antusiasme masyarakat untuk mengikuti lomba tersebut sangat tinggi. Hal ini terbukti dari laporan panitia yang mengungkapkan banyaknya peserta yang mengirimkan naskah artikel dan khutbah Jumat bertemakan Islam Wasathiyah ini.

"Lomba ini dimulai dari 1 November sampai 10 Desember 2018. Namun karena banyaknya masukan untuk memperpanjang waktu pendaftaran, akhirnya panitia memperpanjang waktu pengiriman naskan sampai dengan 20 Desember 2018," jelasnya, Rabu (26/12).

Penjurian yang sangat ketat juga dilakukan kepada naskah yang masuk dengan melihat syarat administratif dan keaslian naskah yang dikirim. Naskah yang masuk dari seluruh penjuru Indonesia ini kemudian dinilai oleh dewan juri yang terdiri dari tiga orang juri lomba artikel dan tiga orang juri lomba naskah khutbah Jumat.

"Setelah pengumuman lomba, hadiah diserahkan kepada para pemenang pada acara puncak Milad MUI Provinsi Lampung pada Kamis 27 Desember 2018 di Hotel Marcopolo Bandarlampung," ungkapnya Wakil Rais Syuriyah PWNU Lampung ini.

Sementara itu salah satu dewan juri, Abdul Qadir Jailani mengatakan bahwa naskah yang dikirim oleh para peserta sangat beragam dalam kreatifitas ide dan gaya tulisan. Kualitas tulisan sangat terasa dan ini menurutnya menjadi khasanah kekayaan pemikiran Islam Wasathiyah yang saat ini harus terus dinarasikan dan disyiarkan.

"Tulisan yang masuk akan memperkaya referensi masyarakat dan para khatib dengan materi khutbah Jumat yang menyejukkan, moderat, jauh dari paham radikal dan ujaran kebencian," ujarnya.

Dari naskah yang masuk, tim dewan juri akhirnya memutuskan pemenang ke dua lomba tersebut. Adapun dewan juri lomba artikel terdiri dari Rudy lukman (Dosen Fakultas Hukum Universitas Lampung), Abdul Ghofur (Dosen FEBI UIN Raden Intan Lampung) dan Rasidi (Dosen Fakultas Dakwah UIN Raden Intan Lampung).

Sementara dewan juri lomba naskah khutbah Jumat terdiri dari KH Basyaruddin Maisir (Pengasuh Pesantren Al Hikmah Bandarlampung) H Abdul Syukur (Dosen Fakultas Dakwah UIN Raden Intan Lampung), dan Abdul Qadir Jailani (Dosen Fakultas Syariah UIN Raden Intan Lampung).

Berikut para pemenang lomba penulisan naskah khutbah Jumat :
1. Imam Mustofa dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro, Lampung
2. Ahmad Riadi dari Pondok Modern Daarul Ikrom Kedondong Pesawaran Lampung
3. Mujiburohman dari Desa Kolelet Wetan, Rangkas Bitung, Kabupaten Lebak, Banten

Pemenang lomba penulisan artikel:
1. Qomarul Huda dari IAIN Tulungagung Jawa Timur
2. Imam Mustofa dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro, Lampung
3. Elsi Renie dari Fakultas Syariah IAIN Batusangkar, Sumatera Barat

(Muhammad Faizin)

BNI Mobile