NU PEDULI BANTEN-LAMPUNG

Gusdurian Banten Siap Salurkan Donasi Tahap Kedua untuk Korban Tsunami

Gusdurian Banten Siap Salurkan Donasi Tahap Kedua untuk Korban Tsunami
Pandeglang, NU Online
Penggerak Gusdurian Banten melakukan aksi cepat sehari setelah peristiwa Tsunami yang terjadi di Selat Sunda dengan menggalang donasi. Penggalangan donasi tahap pertama dimulai dari tanggal 23-26 Desember 2018. Donasi yang terkumpul ada dua jenis, yakni pakaian layak pakai dan uang yang dibelanjakan barang-barang kebutuhan pokok seperti makan siap saji, keperluan rumah tangga, beras, tepung, mie instan, popok, pembalut, dan lain-lain. Bantuan donasi tersebut diangkut satu box mobil pickup terisi penuh.

Koordinator Penggerak Gusdurian Banten Taufik Hidayat mengatakan penggalangan donasi bantuan terhadap masyarakat korban bencana tsunami tersebut merupakan tahap pertama. Selanjutkan masih akan dilaksanakan open donasi tahap berikutnya bekerja sama dengan penggerak Jaringan Gusdurian lainnya.

"Jadi, penggalangan dana ini masih tahap pertama. Dan selanjutnya kami bermaksud menyelenggarakan penggalangan dana yang berkolaborasi dengan semua penggerak Jaringan Gusdurian se-Indonesia," kata Taufik yang merupakan santri di salah satu Pondok Pesantren Salafiyah yang ada di Kota Serang.

Taufik mengungkapkan penyaluran donasi tahap pertama ini semaksimal mungkin didistribusikan ke daerah yang terkena dampak bencana namun masih minim mendapatkan bantuan. Kampung Nelayan, Desa Taman Jaya, Kecamatan Sumur adalah tempat menjadi tujuan pendistribusian donasi tahap pertama tersebut.

Bagi Taufik, penerus pemikiran Gus Dur harus secara total memperjuangkan nilai kemanusiaan sebagaimana yang dicontohkan Gus Dur. Tidak bisa setengah-setengah, kami akan total memperjuangkan nilai-nilai kemanusiaan.

"Ya, hikmahnya, berhubung ini Tahun Politik dan sekarang sedang panas-panasnya menjelang Pilpres, minimal kejadian ini bisa meredam konflik atau gesekan-gesekan antar masyarakat. Jadi masyarakat akhirnya bisa benar-benar sadar bahwa kemanusiaan itu sebagaimana kata Gus Dur, lebih penting dari politik," tandasnya.

Ustadz Muding, tokoh masyarakat Kampung Nelayan mengatakan berterima kasih banyak atas donasi yang disalurkan oleh komunitas Gusdurian Banten tersebut.

"Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada kawan-kawan dari Jaringan Gusdurian. Karena dengan ini bisa membantu meringankan musibah yang masyarakat kami alami," pungkasnya. (Ahmad Kholiyi/Abdullah Alawi)


BNI Mobile