IMG-LOGO
Esai

'Al-Muallaqat': Pintu Mini Peradaban Arab Jahiliyah

Rabu 9 Januari 2019 5:0 WIB
Bagikan:
'Al-Muallaqat': Pintu Mini Peradaban Arab Jahiliyah
Oleh Muhammad Harir 

Jauh sebelum diturunkannya Al-Qur'an sebagai karya sastra tertinggi di muka bumi ini, bangsa Arab pra-Islam lewat budayanya telah mengenal tradisi penulisan puisi, pelantunannya, dan penghargaan yang agung terhadapnya. Saking getolnya gubah-menggubah syair dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga lahirlah semboyan asy-syi’ru diwanul arab (puisi adalah rumah bagi bangsa Arab) yang menganggap bahwa puisi-puisi buah pena sang penyair yang ditulis ulang merupakan bentuk puncak peradaban dan warisan budaya berharga bangsa Arab.

Di samping kentalnya budaya seni menulis dan seni berpuisi ternyata hal ini tidak dibarengi dengan kondisi perilaku dan etika yang berjalan. Tak ayal jika label “kaum jahiliyah” disematkan bagi mereka. Pemaknaan kata jahiliyah sebelum Islam datang tidak diartikan sebagai jahala-yajhilu (bodoh) sebagaimana kebalikan kata dari alima-ya’lamu (mengetahui). Dinamakan demikian karena menggambarkan karakter orang Arab yang penuh dengan kemarahan, kedendaman, dan lemahnya moral berkelakuan bukan bertumpu pada olah akal mereka akan ilmu pengetahuan.

Banyak orang Arab meyakini, orang yang lihai mencipta puisi dan melisankanya mempunyai kedudukan dan pangkat yang begitu dihormati di lingkungannya. Selain kemujuran yang didapat bagi sang penyair secara personal, fungsi puisi juga mampu berpengaruh dalam cakupan yang cukup luas. Pasalnya puisi mampu menjadi sarana menyampaikan ilmu, kebijaksanaan, dan pengalaman yang berada di luar logika pengetahuan manusia.

Sejarah mencatat ada peristiwa besar dalam kehidupan bangsa Arab perihal capaian peradaban di bidang kesusastraan. Peristiwa ini umum disebut Al-Muallaqat, merupakan amsal penganugerahan nobel sastra di zaman sekarang ini. Gubahan syair pada zaman jahiliyah datang kepada kita dulunya lewat tradisi lisan (karena memang kebanyakan dari mereka buta huruf), terkecuali beberapa lembar syair-syair terpilih yang memang diperintahkan untuk ditulis dengan tinta emas guna digantungkan di dinding Ka'bah.

Tidak asal-asalan uji keabsahan dan keindahan karya-karya puisi ini diselenggarakan, penyair yang diuji mesti melengkapi berkas dan persyaratan estetis yang sudah ditentukan oleh dewan juri. Dalam prosesinya penyair mengalunkan bait-bait puisinya di tempat terbuka. Selain dewan juri yang menjadi penilai, khalayak umum juga turut serta menjadi saksi pentas pembacaan puisi paling bergengsi ini. Yang hanya ada sekali dalam sejarah bangsa Arab.

Alhasil dewan juri menetapkan tujuh penyair sebagai pemenangnya. Dan menempatkan Umru Ul-Qais sebagai raja penyair bangsa Arab dan dinyatakan sebagai penyair utama dalam kebudayaan jahiliyah. Adapun daftar nama lainya adalah Tarafah bin Abid, Harits bin Killizah, Amru bin Kultsum, Zuhair bin Abu Sulma, Antarah bin Syadad dan Labid bin Rabiah. Dalam perjalanannya sekumpulan puisi terpilih dari para pemenang kebanyakan orang menyebutnya al-muallaqat (puisi yang digantungkan) atau diwan al-muallaqat (kumpulan puisi yang digantungkan) dan lebih seringnya al-muallaqat as-sab’u (kumpulan puisi tujuh penyair yang digantungkan).

Membaca syair-syair Al-Muallaqat dari baris demi baris yang telah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, membawa saya menyelami ceruk-ceruk kedalaman ide dan gagasan dari sang penyair. Siapa pun pembacanya, saya kira akan diseret paksa memasuki ranah kejiwaan yang dialami penyair tentang apa itu keterasingan, ritme gejolak perang antar kabilah (suku), kegetiran ditolak sang kekasih, dan ratapan memilukan pembuangan.

Dari kehidupan nomad (berpindah-pindah) dan keprimitifan inilah yang justru menjadi telaga inspirasi kandungan isi dari karya puisi penyair-penyair Arab. Tak cukup berhenti di situ untuk membuat saya terpukau dan berdecak kagum, dari keluguan hidangan yang disajikan kesemua-muanya bersifat natural. Lihat saja, tanpa memandang tabu para penyair mengindahkan tubuh dan kecantikan perempuan dengan sangat mengalir bebas, agak sedikit vulgar tapi asyik dan lagi-lagi kebengalan adalah ciri khasnya.

Seperti dituliskan dalam penggalan syair Amru bin Kultsum yang berjudul Sang Permaisuri

Ketika aku bersembunyi untuk menemuinya/ Dan menjaga rahasia pribadinya/ Dia singkap lengan langsatnya yang muda/ Hingga terlihat puting susunya yang kenyal/ Lalu ditutupi dengan jari jemari/ Dan menggoyangkan pinggulnya dengan gemulai.

Kebiasaan buruk bangsa Arab juga sangat tergambar kentara dalam puisi Antarah bin Syadad yang berjudul Biarkan Aku Mabuk

Biarkan aku mabuk!/ Sampai terhuyung lupa daratan/ Sebab engkau tahu, aku ini keturunan darah biru/ Dan engkau pun juga tahu, tabiat buruk dariku/ Biarkan aku terkapar dan mengigau/ Karena ditampar ole lelaki yang menceracau/ Biarkan aku terguling di atas tanah/ Seperti bibir sumbing yang mendesah.

Pesan akan moral dan kearifan seperti yang sudah saya sebutkan di muka juga tak kehilangan ruang dan identitas dari karakter kuat syair-syair Arab. Hal ini sangat gamblang dalam penuturan syair Zuhair bin Abu Sulma yang berjudul Pesan untuk Manusia.

(1)
Demi keabadian hidupmu
Demi tombak-tombak yang bisu
Tak akan ada kabilah
Yang membunuh kabilah
Mereka saling menghormat dan membayar denda
Dengan unta yang sehat dan siap belajar mengembara

Sungguh, setiap kota harus melindungi warganya
Dari segala ancaman yang mengintai di gelap malam
Yang dengki tak ada jalan yang membenci
Yang jahat tak ada jalan yang selamat

Aku bosan pada beban kehidupan 
Bagai usia delapan puluh tahun
Yang berjalan dengan tongkat pikun
Meski yang kutahu terjadi hari ini
Kemarin atau kemarinnya lagi
Tak ada tanda bagi peristiwa esok hari
Hanya maut yang dapat kulihat
Mencari dan menerjang pada sasaran
Yang luput dari genggamannya 
Akan hidup dalam renta dan sia-sia

(2)

Barang siapa tidak berbuat untuk manusia/ Akan disiksa oleh tapal-tapal kuda
Barangsiapa tidak menjaga kehormatan/ Akan diperdaya oleh cercaan
Barangsiapa kikir pada hartanya/ Akan tersingkir dari kaumnya
Barangsiapa menangkar kebajikan/ Akan terhindar dari penderitaan
Barangsiapa yang takut pada penyebab maut/ Akan dikejar olehnya sampai terpagut
Barangsiapa melaknat perdamaian/ Akan dilumat oleh peperangan
Barangsiapa menabur kejahatan/ Akan dikubur oleh kekejaman
Barangsiapa mengembara tanpa tujuan/ Akan dipenjara oleh musuh yang mengaku kawan

(3)

Walau pekertimu bersembunyi dalam dada/ Tak mungkin lepas dari pandangan manusia
Walau kekagumanmu terpatri dalam diam/ Tak mungkin lepas dari tali percakapan
Walau separuhmu hati dan separuhnya lagi lidah/ Tak mungkin lepas dari bentuk daging dan darah
Walau kebodohanmu tidak melahirkan kesopanan/ Tak mungkin lepas dari kesopanan yang terpendam
Walau engkau selalu memberi dan aku selalu meminta/ Yang meminta tidak akan pernah mendapatkan apa-apa

Demikian sekelumit bentuk dan contoh syair Arab serta sejarah peradaban sastranya. Tentu kepesatan perkembangan sastra sekarang ini banyak pula dipengaruhi oleh keberadaan sastra sebelum-sebelumnya dan penyair yang lalu-lalu. Karena baik sastra (khusunya) dan ilmu pengetahuan (umumnya) adalah pertalian yang saling menghubungkan satu dengan yang lainnya.


Penulis adalah Kepala Suku Gubuk Gabut, Mahasiswa UNNES. Sumber tulisan di atas adalah buku Syair-Syair Arab Pra-Islam All-Muallaqat


Tags:
Bagikan:
Senin 7 Januari 2019 18:0 WIB
Pelacur dan Anjing, Kiai dan Burung
Pelacur dan Anjing, Kiai dan Burung
Oleh KH Abdurrahman Wahid 

Mereka yang terbiasa membaca kisah-kisah para sufi, tentu langsung dapat menebak ke mana arah tulisan ini. Bagi mereka, silakan baca hal-hal lain saja, dan tulisan ini dapat ditinggalkan atau dilewatkan.

Bagi yang belum tahu, harap bersabar membacanya hingga selesai.

Alkisah, seorang pelacur tua, mungkin tinggal seonggok daging penuh dengan kuman penyakit kotor, tertatih-tatih menempuh perjalanan di padang pasir. Perbekalan tinggal air sekendi belaka, padahal perjalanan masih jauh. Tiba-tiba dilihatnya seekor anjing tergeletak begitu saja di tempat sepanas itu. Tiada harapan lagi untuk hidup, karena sudah tidak kuasa berjalan lagi. Tinggal menunggu saat kematian. Tak sampai hatinya melihat penderitaan anjing itu, pelacur tersebut lalu meminumkan airnya yang tinggal sedikit itu ke mulut makhluk sial dangkalan itu.

Makhluk hina itu lalu mampu meneruskan perjalanan, dan menyelamatkan diri dari kematian.

Menurut cerita itu, sang pelacur akhirnya mati kehausan, sang anjing selamat sampai di kota dan berhasil memelihara kelangsungan hidupnya.

Tetapi, kematian pelacur itu berujung pada kebahagiaan abadi, karena ia langsung masuk sorga abadi. Sorga tertinggi. Karena keibaannya yang tiada terhingga kepada makhluk lain, hingga melupakan keselamatan diri sendiri, ia memberikan darma bakti tertinggi kepada kemanusiaan. Ini yang disebut kebahagiaan tanpa batas, dan dengan itu ia bermodal cukup masuk sorga. Walaupun sebelum itu, ia sudah begitu rupa bergelimang dengan dosa.

Lain lagi kisahnya sang kiai.

Sewaktu akan bepergian ke kota lain, kiai bujangan yang berdiam seorang diri di rumahnya, samar-samar ingat akan kebutuhan burung peliharaannya kepada air minum.

Rasa malasnya timbul. Ah, biarkan saja, tidak apa-apa, binatang kan tahan haus. Itu pun hanya sehari. Ternyata kiai yang saleh dan berpengetahuan agama sangat mendalam itu terhambat perjalanannya, kembali ke rumah beberapa hari kemudian. Didapatinya burung tersebut sudah mati. Karena burung toh bukan makhluk berharga tinggi, ia pun segera melupakan akan hal itu. Biasanya saja, ada makhluk lahir dan ada makhluk mati, soal kehausan hanyalah sebab belaka.

Bagaimana nasib kiai tersebut di akhirat kelak? Menurut cerita sufi itu, ia masuk Neraka Wail, neraka terdalam. Pasalnya? Karena ia menganggap sepele keselamatan makhluk yang ada di dunia ini. Setiap makhluk, dari yang sebesar- besarnya hingga yang sekecil-kecilnya sekalipun, memiliki nilainya sendiri. Tidak hanya bagi dirinya sendiri, tetapi bagi siklus kehidupan secara umum. Bagi kelangsungan kehidupan di muka bumi.

Dengan kata sederhana, sikap pak kiai saleh dan berilmu agama mendalam itu adalah sikap meremehkan pentingnya arti kehidupan secara keseluruhan. Sikap tidak menghargai keagungan dan kehebatan kreasi Allah yang sangat menakjubkan itu. Sikap meremehkan kehendak Allah akan perlunya kehidupan dilestarikan sebagai tanda pengakuan akan keagungan dan kebesaran-Nya sendiri.

Dua dimensi dari cinta dan kasih sayang sesama makhluk, seperti dipaparkan cerita sederhana di atas. menunjukkan dengan jelas bahwa keberagamaan secara formal semata-mata belum menjamin adanya rasa keberagamaan dalam arti sesungguhnya.

Masih jauh nian, jarak antara formalitas kehidupan beragama dan kedalaman kehidupan beragama itu sendiri. Masih sangat lebar jurang antara religi dan religiusitas, antara hidup beragama dan rasa keberagamaan.

Tuntutan bagi kita sudah tentu adalah bagaimana menjembatani antara keduanya. Semata-mata mengandalkan religi, atau formalitas keagamaan belaka; kita tidak akan mencapai religiusitas. atau rasa keberagamaan, yang cukup mendalam untuk menyelamatkan diri dari godaan melupakan kebesaran Allah dan keagungan-Nya.

Ternyata tidak mudah menjadi seorang beragama yang benar-benar dapat dinamakan beragama, bukan?


Penulis adalah Ketua Umum PBNU 1984-1999, Presiden RI keempat. Tulisan ini pernah dimuat di Harian Pelita, 20 Juli 1988

Ahad 6 Januari 2019 9:30 WIB
Surat Santriwati untuk Para Selebriti yang Terasing
Surat Santriwati untuk Para Selebriti yang Terasing
(Foto: @IBTimes.co.uk)
Sobat perempuan! Kabar menarik datang dari dunia hiburan baru-baru ini. Seorang artis yang sudah memutuskan memakai pakaian jilbab kembali lagi memutuskan membuka jilbabnya. Dia adalah Nikita Mirzani.

Hal yang menarik dari pengamatan kita adalah alasan yang disampaikannya, sebagaimana disampaikan dalam wawancara sebuah acara di stasiun televisi swasta (5/1). Alasan yang disampaikannya adalah alasan klise, yaitu tidak kuat iman dan tidak kuat menahan rundungan (bully) dari para netizen. Alangkah patut disayangkan, bukan?

Sebenarnya apa yang terjadi pada artis Nikita Mirzani ini tidak hanya terjadi sekali ini. Ada sosok Rina Nose yang juga lebih dahulu melakukan hal serupa. Jauh sebelum Rina Nose, ada artis Tri Utami, Dewi Hughes dan sejumlah artis lainnya.

Untuk Rina Nose, sebagaimana diketahui dalam beberapa wawancaranya di dunia maya, dengan presenter Deddy Corbuzier, ia menyampaikan alasan tersebut secara rahasia dalam bentuk tulisan dan tidak dipublikasikan. Ekspresi yang ditunjukkan dalam wawancara menunjukkan semacam tekanan batin yang tidak bisa diungkapkan. Pemirsa bertanya, apakah itu gerangan?

Sobat perempuan! Kita tidak bisa menduga-duga apa yang menjadi alasan dari Rina Nose dalam mengambil putusannya. Kita fokus saja pada sikap keterusterangan Nikita Mirzani, ya? Sebuah alasan yang sebenarnya bisa kita duga sebelumnya, yaitu tidak kuat iman dan tidak kuat menghadapi hujatan netizen. Alangkah patut disayangkan, bukan?

Sahabat perempuanku! Mari kita coba menyelami dunia keartisan. Seorang artis, dalam dunianya, akan senantiasa disibukkan oleh aktivitas kesehariannya. Pernah terlontar dari seorang pemeran komedi tunggal Dodit Mulyanto dari Surabaya bahwa dulu ia tidak pernah menduga bahwa pekerjaan artis itu melelahkan.

Dodit mengira bahwa dunia artis adalah dunia yang serba enak, hanya mempelajari skenario lalu shooting dan mengikuti arahan sang sutradara, kemudian istirahat, pulang, dan tinggal tunggu honor atas keartisannya. Eh, ternyata ia salah duga.

Dunia keartisan adalah dunia yang benar-benar melelahkan. Sebelum acara, ia harus menyiapkan proses tapping, sibuk memilih kostum, menghadapi juru rias, lalu segudang arahan sutradara dan skenario.

Kesibukan itu belum selesai. Mereka harus berhadapan dengan proses shooting yang harus diulang dan diulang sebab kekeliruan. “Melelahkan sobat!” ujar Dodit Mulyanto, pemenang Kompetisi Stand-Up Comedy dari stasiun TV.

Segudang aktivitas kaum artis menyebabkan banyak artis mengalami keterasingan. Keterasingan itu diawali dari keterasingan sosial dan budaya. Jangankan waktu untuk berangkat mengaji, berangkat dan kumpul bersama dengan keluarganya saja kadang sulit untuk ditemui oleh mereka.

Inilah jiwa dan psikologi artis. Di tengah humoria dan glamor kehidupan mereka, ternyata mereka mengalami keterasingan (alienasi) secara rohani.

Ada banyak kasus artis yang kecanduan narkoba. Ada juga artis yang mengalami kecelakaan akibat sebelumnya bersenda gurau dari diskotek. Ada juga artis yang terjebak dalam kasus perselingkuhan dan lain sebagainya. Itu semua merupakan bagian dari indikasi keterasingan jiwa itu.

Suatu saat, mungkin terlintas dalam benak kita, jika benar-benar memilih tobat, bukankah bisa pergi bergabung dan membaur dengan pengajian? Pertanyaan ini sebenarnya tidak salah, namun tidak tepat. Ketidaktepatan itu disebabkan karena kita menilai mereka dari sudut pandang lingkungan kita dan tidak mencoba menilai dari sisi lingkungan mereka. Itulah sebabnya, banyak netizen yang menyerbu akun artis lalu bebas merundungnya. Alangkah tidak bijaksananya hal yang sedemikian ini.

Jika tahu dan sadar akan hal ini, lantas kenapa kita lantas ikut-ikutan merundung mereka yang baru memutuskan diri untuk menjauh dari dunia sebelumnya lalu mencebur ke dunia baru yang menutup aurat?

Allah SWT Maha Penerima Tobat bagi hamba-Nya. Allah SWT juga Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Dia yang memberikan hidayah dalam jiwa kecil hati kalangan artis yang jauh dari seruan para kiai dan ustadz atau pendakwah. 

إِنَّكَ لَا تَهْدِي مَنْ أَحْبَبْتَ وَلَٰكِنَّ اللَّهَ يَهْدِي مَن يَشَاءُ ۚ وَهُوَ أَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِينَ

Artinya, “Sesungguhnya kamu (Muhammad) tidak akan mampu menghadirkan hidayah ke orang yang engkau cintai. Tetapi, Allah yang menunjukkan orang-orang yang dikehendaki. Dia Maha Mengetahui dengan orang-orang yang diberi hidayah,” (Surat Al-Qashash ayat 56).

Sobat perempuanku! Kita tidak bisa memberi hidayah terhadap orang yang ada di sekeliling kita. Allah SWT yang berperan dalam memberi hidayah itu. Dalam Al-Qurân Surat Al-Baqarah ayat 272, Allah SWT berfirman:

ليس عليك هداهم ولكن الله يهدي من يشاء

Artinya, “Tiada bagimu kuasa untuk memberi hidayah kepada mereka, melainkan Allah yang memberi hidayah kepada orang yang dikehendaki-Nya,” (Surat Al-Baqarah ayat 272).

Jika akibat rundungan kita, lantas para artis ini kemudian nekat memutuskan kembali untuk melepas hijab atau pakaian kurung mereka, maka apa bedanya kita dengan setan yang menggoda jiwa manusia sehingga berujung sesatnya sebagian manusia dan lebih memilih jalur frustasi?

Padahal kita diperintah untuk menyeru umat manusia dan mengajak kaum kita untuk bersama-sama masuk ke dalam jannah, yaitu surga Allah SWT. Kita diperintah untuk senantiasa menyampaikan tutur dalam bentuk nasihat-nasihat yang baik serta hikmah. Allah SWT berfirman:

ادْعُ إِلَىٰ سَبِيلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ ۖ

Artinya, “Serulah ke jalan Tuhanmu dengan hikmah dan nasihat-nasihat yang baik.”

Jika ada perintah untuk menyeru dengan rangkaian hikmah, lantas mengapa ada banyak orang yang merundung (bully)?

Saudariku! Marilah kita bertobat! Jangan-jangan, terjerumusnya orang lain dari jalan hidayah, sehingga menyebabkan mereka tetap berkutat dalam kubang dosa, sebagian di antaranya adalah disebabkan oleh kita dan lisan kita. Astaghfirullâh al-adzhîm.

Saudariku! Semoga kita semua selamat di jalan hidayah, di jalan yang diridhai oleh Allah SWT, di jalan rasul-Nya, sebagaimana yang dituntunkan oleh para ulama-ulama kita dan junjungan kita semua! Amin ya rabbal ‘alamin!

اللهم أنت السلام ومنك السلام وإليك يعود السلام وحينا ربنا بالسلام وأدخلنا الجنة دار السلام. تباركت ربنا وتعاليت ياذاالجلال والإكرام

Artinya, “Ya Allah, Engkau Maha Penguasa Keselamatan. Dari-Mu keselamatan. Kepada-Mu pula kembali keselamatan. Hidupkan kami dalam keselamatan. Masukkan kami dalam surga, tempatnya keselamatan. Maha memberi berkah Engkau, dan Maha Luhur Engkau, Wahai Zat Yang Maha Agung dan lagi Maha Mulia.”


Oleh Santriwati Forum Kajian Fikih Kewanitaan Pondok Pesantren Hasan Jufri Pulau Bawean di bawah pimpinan Ustadz Muhammad Syamsudin.
Sabtu 5 Januari 2019 18:45 WIB
Jalan Dzikir Kiai Musthofa Aqil
Jalan Dzikir Kiai Musthofa Aqil
KH Musthofa Aqil (Foto: khaskempek.com)
Oleh Sobih Adnan

Fa in dzakaranî fi nafsihi, dzakartuhu fi nafsî. Siapa yang mengingat-Ku di dalam hati, maka akan kusimpan namanya di dalam "sanubari" (Hadits Qudsi).

Kiai Muh, begitu kebanyakan orang menyapanya. Putra ketiga Mbah Aqil Siroj Kempek Cirebon, Jawa Barat ini punya tempat tersendiri di benak para santri dan alumni. 

KH Muhammad Musthofa Aqil Siroj, menjelma pujaan banyak hati. Terlebih, bagi santri yang memiliki angan-angan untuk menjadi mubalig atau dai. 

Suaranya merdu, intonasinya empuk, redaksi rapi, guyonan yang renyah, serta retorika nan gagah menjadi ciri khas dakwah pengasuh Pondok Pesantren KHAS Kempek Cirebon ini. Ditambah kecerdasan tema yang melulu baru, membuat nama Kiai Muh bak tiada tandingannya.

Alhasil, amatlah wajar jika angka-angka dalam kalender Kiai Muh nyaris terlingkari setahun penuh. Hanya saja, banyak pula yang penasaran, bagaimana cara Kiai Muh membagi jiwa dan badan dalam seabrek pengabdian?

Ragam amal, satu tujuan

Menyampaikan tausiyah, bukan satu-satunya amanah. Kiai Muh memiliki banyak tanggung jawab yang tak sekali-dua mesti memprioritaskan satu ketimbang yang lainnya.

Selain mengasuh ribuan santri, Kiai Muh juga mengemban tugas tak sederhana sebagai salah satu rais syuriyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Belum lagi, dalam dua tahun terakhir, ia dipercaya memimpin Majelis Dzikir Hubbul Wathan (MDHW), komunitas pemecah rekor yang mampu melaksanakan dzikir dan selawat massal pertama di Istana Negara. 

Sekali waktu, penulis mendapatkan keberkahan lantaran berkesempatan semobil dalam sebabak perjalanan. Iseng-iseng, kepada Kiai Muh penulis bertanya, bagaimana cara seseorang agar tetap mampu menjaga kepekaan di tengah hiruk-pikuk dunia yang kian dipenuhi kesemrawutan.

Pertanyaan ini meluncur bukan tanpa sebab. Penulis merasa perlu mengajukan itu karena pengalaman pribadi sekian tahun hidup di Jakarta terasa makin menantang dan menggoyahkan rasa kepedulian.

Mendengar itu, dengan penuh senyum Kiai Muh dawuh; tak ada yang salah untuk selalu mengikuti ritme dan tuntutan kehidupan. Ibarat jalan, apa yang ditekuni dalam keseharian memang beragam. Yang terpenting tetap pada satu tujuan, yakni, kata Kiai Muh, selalu diniatkan meraih keridaan Allah subhanahu wata’ala.

"Apa pun profesi dan bidang yang dilakoni, asal tak lepas mengingat ayat-ayat Tuhan, niscaya selamat dunia akhirat," nasihat Kiai Muh, menggenapi.

Dalam kesimpulannya, masing-masing orang punya kewajiban mensyukuri hal-hal yang sudah ditakdirkan baik dalam kehidupannya. Namun usaha untuk menggapai kerelaan Tuhan niscaya tak boleh lepas dikandung badan.

Ada banyak cara mensyukuri takdir. Ambil misal, kata Kiai Muh, seseorang yang ditakdirkan sebagai santri tak perlu memikirkan jalan dzikir yang lain-lain. Jalan dzikir santri cukup sederhana. Yaitu, melakukan sesuatu yang bisa kian meningkatkan amalan dan status yang dikandungnya. 

Persisnya, Kiai Muh berpesan, dzikir santri adalah cukup dengan mendaras Al-Qur’an dan menelaah kitab kuning tak berkesudahan.

Silaturahmi sebagai laku spiritual

Banyak yang membagi, selain sebagai makhluk spiritual yang mengemban penghambaan penuh kepada Tuhan, manusia juga makhluk sosial. Namun menurut Kiai Muh, tidak. Niat baik yang mendasari kerja-kerja sosial itu justru akan mengembalikan seseorang kepada laku spiritual.

Gemar bersilaturahmi, misalnya, nilai ibadahnya bisa besar tak terkira. Asalkan memenuhi satu syarat, yakni selalu ditekadkan untuk melaksanakan mandat manusia sebagai khalifah. Yang sudah barang tentu, berkewajiban penuh untuk menjaga nilai-nilai persaudaraan antarsesama manusia.

Bukan sekadar nasihat. Ihwal wejangan Kiai Muh satu ini, bolehlah diuji dengan sekali waktu sowan ke Pondok Pesantren KHAS Kempek Cirebon. Bagi siapa pun yang pernah berkunjung, niscaya akan mendapatkan kesan sambutan dan penerimaan yang begitu hangat.

Kiai Muh, akan memperlakukan dengan baik setiap yang datang. Siapa pun, lepas dari urusan kelas sosial, profesi, maupun latar-belakang.

Pada Oktober lalu, penulis berkesempatan merekam kesan beberapa "orang kota" yang -tidak memiliki banyak pengalaman bersentuhan dengan pesantren- sepulang diantar sowan ke Kiai Muh. Berulang kali mereka mengaku terkagum, tradisi pesantren yang di luar terdengar kering dan kaku, ternyata menyimpan kehangatan dan semangat kekeluargaan tiada tara.

Jelas saja. Karena penulis ingat betul, sewaktu kami tiba dan menunggu beberapa waktu di beranda rumah, Kiai Muh menyambut para tamunya dengan semringah. Sekali-dua obrolan pun tak lupa disisipi kelakar, menjadikan suasana kian cair dan menambah keakraban.

Inilah jalan dzikir dunia pesantren. Laku keislaman khas Indonesia yang tak banyak dimiliki belahan dunia lainnya. Tak ada lagi pemisah kala manusia berperan dalam ruang domestik atau pun sosial. Kuncinya di dalam niat, semua yang dilakukan harus bernilai kebaikan.


Penulis adalah Sekretaris Jenderal Pengurus Ikatan Alumnus Pondok Pesantren KHAS (Ikhwan KHAS) Kempek Cirebon. Bekerja sebagai editor konten di Metro TV dan redaktur Medcom.ID

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG
IMG