Komnas HAM Minta Pelanggaran HAM Berat Dibahas dalam Debat Capres Selanjutnya

Debat Capres (ant)
Debat Capres (ant), Komnas HAM Minta Pelanggaran HAM Berat Dibahas dalam Debat Capres Selanjutnya
Debat Capres (ant), Komnas HAM Minta Pelanggaran HAM Berat Dibahas dalam Debat Capres Selanjutnya
Jakarta, NU Online
Komisi Nasional Hak Asasi Manusia Republik Indonesia mengeluarkan catatak kritis terhadap debat perdana Capres-Cawapres peserta Pilpres 2019. Dalam catatannya, Komnas HAM menilai perdebatan mengenai isu HAM tidak menyentuh pada isu besar kasus pelanggaran HAM berat yang pernah terjadi di tanah air. 

"Komnas HAM melihat bahwa masih ada isu penting yang belum dibahas dalam debat tetapi perlu segera dilakukan penanganan oleh Presiden terpilih nantinya, yaitu isu Pelanggaran HAM yang Berat, Konflik Sumber Daya Alam dan Reforma Agraria, Intoleransi, Diskriminasi dan Kekerasan Berbasis pada Ekstrimisme," sebagaimana tertulis dalam edaran Komnas HAM, Jumat (18/1).

Menurut Komnas HAM, debat yang dilakukan belum dapat menggambarkan secara komprehensif peta permasalahan dan strategi kebijakan masing-masing calon dalam upaya perlindungan, pemenuhan, pemajuan dan penegakan HAM di Indonesia.

Dalam konteks yang lebih besar, kedua paslon Pres dan Wapres dinilai belum memahami konsep HAM secara substansial. Akibatnya komitmen penegakan HAM yang di dalamnya terdapat strategi penyelesaian atas kasus-kasus pelanggaran HAM, termasuk dugaan pelanggaran HAM yang berat belum terlihat. 

Sehingga ke depannya, menurut Komnas HAM, isu-isu tersebut perlu dikorelasikan dengan tema dalam debat-debat berikutnya. (Ahmad Rozali)
BNI Mobile