::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Ratusan Pendekar Pagar Nusa Ikuti Madrasah Kader Nahdlatul Ulama

Selasa, 22 Januari 2019 05:12 Nasional

Bagikan

Ratusan Pendekar Pagar Nusa Ikuti Madrasah Kader Nahdlatul Ulama
Jakarta, NU Online
Ratusan pendekar NU dari berbagai daerah mengikuti Madrasah Kader Nahdlatul Ulama (MKNU) Pagar Nusa di Gedung Korea-Indonesia Technical and Cultural Coorperation Center (KITCC) Ciracas, Jakarta Timur, Senin (21/1) malam. Kegiatan ini bertujuan menyamakan gerak dan langkah pengurus.

"Di luar sana banyak kelompok-kelompok Islam yang amaliahnya sama, tapi napas perjuanganya berbeda, masih ada yang NKRI bersyariah, tapi dakwahnya dengan kekerasan. Itu jelas bukan bagian dari NU. Bukan bagian dari Pagar Nusa,” katanya.

Menurut Gus Nabil, Pagar Nusa merupakan kelompok Islam yang selalu memegang prinsip-prinsip NU, seperti tawassuth, tasamuh, tawazun, dan i'tidal.

Sementara dalam berbangsa, Pagar Nusa memiliki konsep yang jelas, yakni empat pilar: Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Undang-Undang Dasar 1945.

Empat pilar tersebut, sambung Gus Nabil, merupakan kesepakatan para pendiri bangsa Indonesia, termasuk di dalamnya adalah tokoh-tokoh NU. Sehinga, Pagar Nusa dan NU selalu menjaga empat pilar itu.

"Jika ada kelompok-kelompok melawan empat pilar ini, sama halnya melawan pagar nusa atau NU, dan kita berada di barisan pagar terdepan. Nah, ini yang kemudian akan kita tanamkan dalam-dalam ke dalam lubuk hati dan sanubari pendekar-pendekar kita," jelasnya.

Gus Nabil juga mengemukakan bahwa kegiatan yang rencananya berlangsung selama enam hari ini tidak hanya diisi materi-materi MKNU, tetapi juga akan dilakukan Training of Trainer (TOT). Hal itu agar pengurus Pagar Nusa di semua tingkatan dapat menyelenggarakan MKNU Pagar Nusa di wilayahnya masing-masing, seperti di Banten, Jawa barat, DKI dan Lampung.

"Anda-anda nanti setelah lulus dari sini harus satu kata, satu frekuensi bahwa kita ini satu komando di bawah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama," jelasnya.

Pembukaan ini dihadiri Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj, Ketua PBNU Eman Suryaman dan H Aizzuddin Abdurrahman, Ketua Tim MKNU Sultonul Huda, dan Ketua Lazisnu Pusat Ahmad Sudrajat. Selain itu hadir juga Dewan Khos PP Pagar Nusa KH Ayip Abbas dan Majelis Pendekar PP Pagar Nusa Zainal Suwari. (Husni Sahal/Abdullah Alawi)