Miniatur Rumah Rasulullah Bisa Disaksikan di Madinah

Madinah, NU Online
Berbeda dengan rumah kelahiran Rasulullah SAW yang kini tengah dibongkar untuk dijadikan hotel di Mekah, rumah tinggal Rasulullah justru direkonstruksi kembali untuk dibangun dan dijadikan monumen sejarah Islam.

Sebuah miniatur rumah Rasulullah yang dihuni beliau 1.400 tahun yang lalu akan bisa disaksikan kaum muslimin yang tengah menunaikan umrah dan haji tahun ini. Rumah Rasulullah itu telah dibuat maketnya oleh Pusat Riset dan Studi Madinah. Demikian seperti diberitakan harian Saudi Gazette edisi Kamis (4/10) lalu.

<>

Miniatur tersebut berikuran 1:7 dengan model aslinya. Rumah dibuat dari kayu pohon palm dan bertembok Lumpur yang menjadi ciri rumah zaman itu. Miniatur tersebut juga membuat bentuk Masjid Nabawi serta rumah Sayyidah Fathimah Azzahra, puteri Rasulullah.

Miniatur juga menggambarkan di mana kamar Sayyidah Asyah Ummul Mukminin, serta dapur di mana keluarga Rasululah memasak. Di tengan ruangan rumah itu terdapat sebuah ruangan yang bisa memuat sekitar 10 orang, sebagai ruang pertemuan keluarga Rasulullah.

Miniatur tersebut dibuat dengan mencoba memahami sejarah, hadis, dan kebiasaan warga Arab Madinah kala itu dengan memanfaatkan jasa komputer. Menurut Dr. Abdul-Basit Bader, direktur pusat riset itu, maksud membuat miniatur rumah Rasulullah SAW itu tak lain untuk memberi keteladanan kepada umatnya bagaimana membangun rumah serta rumah tangga yang sakinah.

Umat juga bisa melihat betapa sederhananya Rasululah. Tapi, justru dari rumah yang sederhana itu muncul kekuatan dakwah yang maha hebat yang mengalahkan beberapa imperium dengan istana yang bergelimang kemewahan.(mth/dpg)

BNI Mobile