IMG-LOGO
Daerah

Peringati Harlah, KMNU UPI Gelar Napak Tilas ke Tebuireng


Jumat 1 Februari 2019 22:00 WIB
Bagikan:
Peringati Harlah, KMNU UPI Gelar Napak Tilas ke Tebuireng
KMNU UPI di depan Museum Islam Indonesia, Jombang.
Jombang, NU Online
Sejak Ahad hingga Kamis (27-31/1), Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama (KMNU) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Jawa Barat melaksanakan ziarah aulia dan rihlah pesantren. 

Makam sembilan wali, ditambah Kiai Kholil Bangkalan, dan Pesantren Tebuireng, Jawa Timur menjadi destinasi yang dikunjungi puluhan peserta. Mereka adalah kader dan jamaah yang didampingi Pembina KMNU UPI Achmad Samsudin dan Ustadz Azzy Hisan, selaku pengurus NU Kota Bandung.

Menurut M Irfansyah Maulana, selain tabarruk kepada para aulia, acara ini merupakan program kerja departemen pendidikan dan kebudayaan KMNU UPI. “Kegiatan dilaksanakan sebagai media motivasi untuk meneladani perjuangan para aulia yang mengajarkan Islam dengan maidhah hasanah, dan melestarikan budaya nusantara yang bernuansa islami sebagai media dakwah,” kata Ketua KMNU UPI ini, Kamis (31/1).

Pada momentum hari lahir ke-93 NU, rombongan mengunjungi Pesantren Tebuireng sebagai akhir destinasi. "Di sini seluruh rombongan bersama ziarah ke makam Hadrastussyaikh KH M Hasyim Asyari, KH Wahid Hasyim, dan KH Abdurrahman Wahid,” ungkap Ruby Supandi. 

Di aula gedung KH M Yusuf Hasyim Pesantren Tebuireng, rombongan diterima Mudir Bidang Pembinaan Pondok H Lukman Hakim, Mudir Madrasah Muallimin H Su'udi, serta Kepala Pondok Putra H Iskandar. 

“Kader KMNU UPI yang notabene nantinya akan bertugas sebagai pendidik memiliki tanggung jawab moral besar dalam mendidik untuk memiliki karakter diri seperti nahdliyin yang moderat, manut pada guru, hormat pada orang tua, serta mencintai bangsa dan Negara,” kata H Lukman Hakim.

Selain itu, peserta melakukan silaturahim dengan pimpinan pondok mengenai sistem pembelajaran dan sejarah berdirinya Pesantren Tebuireng. Kegiatan dipungkasi dengan kunjungan ke Museum Islam Indonesia yang baru diresmikan beberapa waktu yang lalu.

Dengan perjalanan rihlah ke Pesantren Tebuireng yang bertepatan dengan Harlah NU ini, Pembina KMNU UPI berharap agar para kader senantiasa bersemangat dalam menyebarkan paham Aswaja an-Nahdliyah. “Baik di lingkungan kampus dan masyarakat, serta harakah, pikrah, dan amaliyah para kader dapat meneladani apa yang para muassis NU ajarkan,” pungkas Achmad Samsudin. (S Nikmah/Ibnu Nawawi)

Tags:
Bagikan:
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG