IMG-LOGO
Internasional

Muazin Masjid di Israel Dipecat usai Ikut Kejuaraan Binaraga


Senin 4 Februari 2019 14:30 WIB
Bagikan:
Muazin Masjid di Israel Dipecat usai Ikut Kejuaraan Binaraga
Foto: The Express Tribune
Acre, NU Online
Seorang muazin di sebuah masjid di kota Acre Israel Ibrahim al-Masri (46) dipecat dari tugasnya setelah sejumlah fotonya diunggah secara online. Dalam foto-foto tersebut Ibrahim tengah angkat beban dan berpakaian tipis dan terbuka sehingga otot-otot bagian lengannya terlihat.

Al-Masri adalah ketua muazin di Masjid Agung Al-Jazzar, Acre, Israel. Ia mengaku kehilangan pekerjaannya setelah pejabat setempat melihat foto-fotonya di kejuaraan binaraga negara pada 2017 lalu.

Terkait hal itu, al-Masri mengajukan banding. Ia menuntut otoritas setempat agar mengembalikan pekerjaannya.

“Setiap olahraga memiliki jenis pakaian yang spesifik. Sepak bola memiliki pakaian sendiri, tenis memiliki pakaian sendiri, berenang memiliki sendiri. Hal yang sama untuk binaraga," keluh Masri, dikutip Reuters, Ahad (3/2).

Ia mengaku, apa yang dilakukannya itu tidak akan sampai membuatnya dipecat. Menurutnya, Israel adalah negara demokratis. Sehingga jika seseorang melakukan kesalahan, maka ia bisa memperbaikinya.

“Tapi untuk memperbaiki kesalahan dengan kesalahan lain? Itu tidak benar," tambahnya.

Masjid Agung Al-Jazzar tidak bersedia berkomentar atas kejadian yang menimpa al-Masri tersebut. Pihak masjid meminta kepada wartawan untuk menanyakan hal itu kepada otoritas yang lebih berhak, yaitu Kementerian Dalam Negeri. 

Sebagaimana diketahui, masjid dan institusi non-agama di Israel diawasi oleh pemerintah setempat. Kalau sekiranya ada pelanggaran, maka pemerintah akan melaporkannya kepada Kementerian Dalam Negeri untuk diproses.

Juru bicara Kementerian Dalam Negeri menolak berkomentar alasan pemecatan al-Masri. Namun ia memastikan kalau pemecatan al-Masri sudah sesuai aturan yang ada.

Menurut Masri, pemecatan dirinya diambil setelah seorang pejabat setempat melihat foto-foto sedang mengenakan pakaian terbuka dalam kontes binaraga.

Al-Masri dikenal sebagai orang yang memiliki suara merdu ketika mengumandangkan azan. Ia juga dikenal sebagai pribadi yang murah hati dan senang mengajak anak-anak muda di sekitar masjid untuk berolah raga. (Red: Muchlishon)
Bagikan:
IMG
IMG