IMG-LOGO
Daerah

Pencak Silat Pagar Nusa Perluas Syiar NU di Pacarpeluk


Rabu 6 Februari 2019 22:15 WIB
Bagikan:
Pencak Silat Pagar Nusa Perluas Syiar NU di Pacarpeluk
Pagar Nusa (ist)
Jombang, NU Online
Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama Pacarpeluk, Kecamatan Megaluh, Kabupaten Jombang, Jawa Timur menggerakkan anak-anak muda setempat melalui Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) memasifkan Pencak Silat Pagar Nusa sebagai syiar NU.

Seni Pencak Silat yang merupakan peninggalan para ulama itu hingga kini berjalan rutin setiap minggu dua kali. Bahkan hampir setahun kegiatan Pencak Silat sudah berjalan di Dusun Pacar. 

"Hampir setahun Pencak Silat Pagar Nusa telah mengadakan latihan rutin di dusun Pacar. Tiap Sabtu dan Senin para pendekar NU ini berlatih di Balai Desa Pacarpeluk," kata Ketua NU Pacarpeluk, Nine Adien Maulana, Rabu (6/2).

Untuk memperluas syiar tersebut, Nine meminta latihan Pencak Silat Pagar Nusa itu juga dilakukan di dusun yang berbeda. Misal satu hari dilakukan di Dusun Pacar dan satu hari setelahnya dilakukan di Dusun Peluk. Ini menurut dia, tentu akan mempercepat syiar NU di tengah masyarakat.

"Beberapa pengurus Pencak Silat Pagar Nusa sudah berkodinasi dengan kami untuk melakukan latihan di dua dusun," ungkapnya.

Disepakati setiap Sabtu sore pukul 15.30 WIB dilakukan latihan perdana di Dusun Peluk. "Tempatnya di halaman masjid NU Baitul Muslimin," ucap Nine.

Dengan latihan di tempat ini ketua PRNU Pacarpeluk ini berharap para santri Madrasah Diniyah (Madin) yang selama ini belajar di Masjid Baitul Muslimin juga mengikuti latihan Pencak Silat itu. 

"Jika memang mereka tertarik, mereka bisa bergabung ikut latihan beladiri ini. Inilah yang dimaksud dengan kaderisasi Nahdlatul Ulama kepada para generasi muda Pacarpeluk," pungkas Nine. (Syamsul Arifin/Fathoni)
Tags:
Bagikan:
IMG
IMG