IMG-LOGO
Nasional

UAS Silaturahim Habib Luthfi dan Mbah Maimoen


Sabtu 9 Februari 2019 16:15 WIB
Bagikan:
UAS Silaturahim Habib Luthfi dan Mbah Maimoen
Jakarta, NU Online
Ustadz Abdus Shomad, penceramah yang dikenal dengan sebutan UAS, dibaiat menjadi penganut Tarekat Naqsyabandiyyah. Pembaitan dilakukan oleh Maulana Habib Luthfi bin Yahya.

Hal tersebut seperti dinyatakan oleh Ustd Tsauri dalam tulisan yang tersebar di media sosial sejak Jumat (8/2). "Beliau (Habib Luthi) akan membackup Ustadz Abdus Shomad dalam kepengurusan JATMAN," ujar Ustadz Tsauri.

Disebutkan juga bahwa UAS saat silaturahim dengan Habib Luthfi beserta rombongan di antaranya Ustadz Arif Hasanul Muna, Ustadz Afifudin Jombang dll.

Pertemuan yang berlangsung di Pekalongan Jawa Tengah sekitar satu jam. Pada kesempatan itu UAS juga menyampaikan kepada Habib Luthi bahwa sebelumnya sudah pernah melakukan baiat Tarekat Qadiriyah dan Satariyah. 

"Maulana meminta UAS agar memilih antara dua Thariqat itu yang bisa diamalkan secara intens. Maulana menganjurkan Thariqat Satariyah, kecuali jika ada wasiat dari orang tia untuk mengamalkan salah satu dari keduanya," lanjut Ustadz Tsauri.

Ustadz Tsauri meneruskan tampaknya ada wasiat yang kemudian menjadi alasan UAS memilih Tarekat Qadiriyah, dan Habib Luthfi membaiatnya. "Selain itu UAS juga menunjukan lembaran silsilah Thariqah Satariyah. Maulana mengecek sanad, ada 3 nama yang dikoreksi oleh beliau," tulis Ustadz Tsauri. 

Menurut Ustadz Tsauri, Maulana juga menambahkan keterangan bahwa sanad Tarekat Qadiriyah tertua memang berada di Medan. Hal itu menjadi wajar jika UAS berbaiat di sana pertama kali. 

Selama pertemuan itu Habib Luthfi dan UAS berkomunikasi dengan Bahasa Arab. "Semoga kita semua mendapatkan keberkahan dari pertemuan ini," doa Ustadz Tsauri.

Dikabarkan juga setelah berbaiat kepada Habib Luthfi bin Yahya, UAS sowan KH Maimun Zubair. "Semoga keberkahan utk Indonesia yg damai bersama ulama NU yg lembut para ahli tasawuf, moderat," harapnya. (Red: Kendi Setiawan)
Tags:
Bagikan:
IMG
IMG