IMG-LOGO
Nasional

Soal Isu Penolakan Prabowo Jumatan di Masjid Kauman, Ini Penjelasan Takmir


Jumat 15 Februari 2019 03:00 WIB
Bagikan:
Soal Isu Penolakan Prabowo Jumatan di Masjid Kauman, Ini Penjelasan Takmir
Takmir Masjid Kauman, KH Hanief Ismail
Semarang, NU Online
Takmir Masjid Agung Semarang, Jawa Tengah, KH Hanief Ismail menyatakan keberatan jika dianggap menolak rencana shalat Jumat Prabowo di Masjid Agung Semarang.

Ia menegaskan Masjid Agung Semarang atau dikenal juga Masjid Kauman menyilakan Prabowo melaksanakan shalat Jumat, karena hal itu merupakan kewajiban umat Islam. Hal yang menjadi keberatannya adalah karena beredar pamflet dan spanduk yang berisi ajakan kader Gerindra shalat Jumat bersama Prabowo.

"Intinya bukan shalat Jumat-nya, tapi membuat pamfet itu berisi ajakan kader Gerindra untuk shalat Jumat di Masjid Kauman. Itu (pamflet) sama saja menggunakan masjid sebagai ajang kampanye atau politisasi shalat Jumat di Masjid Kauman," kata Kiai Hanief dalam rekaman resmi yang diterima NU Online, Kamis (14/2) malam.

Kiai Hanief menyayangkan munculnya kabar dan polemik terkait rencana shalat Jumat Prabowo yang menyudutkan Masjid Kauman. Ia pun menceritakan kronologi dua hari sebelumnya di mana pengurus Gerindra datang ke takmir Masjid Kauman dan menyampaikan bahwa Prabowo Subianto akan shalat Jumat di masjid tersebut.

"Terus saya bilang ya enggak apa-apa, silakan karena siapapun umat muslim menjalankan ibadah shalat Jumat adalah kewajiban," ujar Kiai Hanief.

Tak lama keudian, dia kaget karena ada pamflet yang beredar berisi ajakan kepada seluruh kader Gerindra untuk shalat Jumat bersama Prabowo di Masjid Kauman. Menurutnya hal ini sudah masuk ranah politik. Selain itu, di halaman sekitar masjid juga ramai spanduk yang bertuliskan selamat datang kepada Prabowo.

"Jadi kami sangat tidak keberatan sama sekali kalau Pak Prabowo shalat Jumat di Masjid Kauman. Ini yang perlu dicatat. Selama ini di Masjid Kauman juga sering para calon itu shalat mulai dari Pak Jusuf Kalla, Pak Hatta Rajasa, Pak Ganjar Pranowo, Pak Sudirman Said bahkan dua kali shalat di sini waktu pas Pilkada, semua tidak ada masalah," pungkasnya. (Kendi Setiawan)
 
Bagikan:
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG