IMG-LOGO
Jelang Muktamar Ke-34 NU
MUNAS-KONBES NU 2019

NU Soroti Peran KPPU dalam RUU Anti-Monopoli dan Persaingan Usaha


Sabtu 16 Februari 2019 21:30 WIB
Bagikan:
NU Soroti Peran KPPU dalam RUU Anti-Monopoli dan Persaingan Usaha
Bahtsul Masail pra munas NU
Banten, NU Online
Sekretaris Lembaga Bahtsul Masail PBNU Ustadz H Sarmidi Husna mengemukakan bahwa forum bahtsul masail pra-Munas NU menyepakati revisi Undang-Undang (RUU) Anti-Monopoli dan Persaingan Usaha dibawa ke Munas-Konbes NU.

Bahtsul masail komisi qanuniyah ini dipimpin oleh KH Syafruddin Syarif dan KH Zulfa Mustofa.

"Forum ini menyepakati revisi UU Anti-Monopoli dibawa ke Munas," kata Sarmidi usai sidang komisi bahtsul masail qanuniyah pra-Munas NU yang diselenggarakan di Pesantren Al-Hasaniyah Rawalini, Teluknaga, Tangerang, Banten, Sabtu (16/2).

Menurutnya, praktik-praktik usaha yang tidak sehat masih merajalela, seperti melakukan penguasaan atas produksi dan atau pemasaran (monopoli), menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal (monopsoni), penguasaan pasar (baik sendiri maupun bersama pelaku usaha lain), serta persekongkolan dengan pihak lain untuk mengatur dan atau menentukan pemenang tender.

Forum juga menyetujui agar peran Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) ditingkatkan, karena selama ini jika terdapat pelanggaran dalam persaingan usaha, KPPU tidak mampu memutuskannya.

"Kalau selama ini KPPU hanya berfungi (diantaranya) memberikan rekomendasi untuk diputuskan di pengadilan lain, kadang-kadang rekomendasi itu tidak dilaksanakan," jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskan, kalau KPPU bisa memutuskan keputusan terhadap pengusaha yang nakal, maka keputusan itu bisa langsung dieksekusi, meskipun kalau tidak diterima bisa banding. (Soalnya) Kalau rekomendasi bisa dicuekin, jadi peran KPPU perlu dinaikkan.

Perlu diketahui, hasil dari forum bahtsul masail pra-Munas NU ini, nantinya dibawa ke Munas NU yang diselenggarakan pada 27 Februari hingga 1 Maret di Pesantren Miftahul Huda Al-Azhar Citangkolo, Kota Banjar, Jawa Barat. (Husni Sahal/Muiz)
Tags:
Bagikan:
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Maulid Akbar dan Doa untuk Keselamatan Bangsa
Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
IMG
IMG