::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Generasi Milenial Lampung Deklarasi Antihoaks dan Ujaran Kebencian

Rabu, 20 Februari 2019 13:00 Daerah

Bagikan

Generasi Milenial Lampung Deklarasi Antihoaks dan Ujaran Kebencian
Lampung, NU Online
Komunitas Milenial Lampung (KML) menyuarakan dekralasi antihoaks dan ujaran kebencian. Deklarasi dan seruan diawali berbarbengan dengan talk show yang mengusung tema Tolak Hoaks dan Ujaran Kebencian demi Kemajuan Lampung untuk Pembangunan Nasional yang Berkelanjutan pada Rabu (20/02) bertempat di Lembah Dempo Cafe&Resto, Metro, Lampung.

Usai dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, moderator Galih Pangestu mulai menggiring audiens untuk makin penasaran akan pemikiran-pemikiran segar pemateri terkait isu hoaks yang belakang masif di dunia maya.

Pemicu benih kebencian dapat menjatuhkan yang berbeda pandangan hingga merintangi kinerja pemerintah dalam merealisasikan program pembagunan berkelanjutan baik di pusat maupun daerah.

"Dalam Islam bahasa hoaks disebut dengan fitnah. Islam tidak membenarkan hal itu dan menganjurkan bagi penerima berita untuk mencerna  sendiri atau melalui ahli jika dirinya tidak mampu menganlisis sendiri," tutur Muhammad Teguh, komisioner Bawaslu Provinsi Lampung.

Menguatkan statemen Teguh, Diana Ambarwati, dosen Ekonomi IAIN Metro memberikan gambaran bahwa hari ini internet menjadi pasar bagi lalu lalang berita hoaks untuk menyebar kebencian.

"Generasi milenial harus menjadi produsen berita baik sekaligus menjadi penyerang balik atas berita bohong tersebut," ucapnya dibarengi tepuk tangan hadirin.

Sementara Akmal Fatoni, pengurus PW GP Ansor berperan mendorong generasi milenial Lampung untuk menjadi leader penolakan atas hoaks dan ujaran kebencian.

Dalam talk show yang ikuti oleh puluhan generasi milenial Lampung ini, Ketua KML, Ruzi Setiawan memimpin langsung deklarasi  antihoax di depan para anggota komunitas dan tamu undangan.

Berikut ini isi deklarasi tersebut

Bismillahirrohmanirrohim

Kami Generasi Melenial Lampung dengan kesadaran diri dan secara kolektif menyatakan:

1. Menolak segala bentuk hoaks, fitnah dan ujaran kebencian yang mendorong perpecahan bangsa Indonesia

2. Membiasakan budaya tabayyun setiap menerima informasi yang bernuansa negatif

3. Berfikir kritis dan positif dalam membangun ukhwah watoniyah demi pembangunan Indonesia berkelanjutan.

(Siti Nur Syamsiah/Kendi Setiawan)